Jokowi Lepas Bantuan Pangan dan Logistik Gempa Turki - Suriah

Jokowi Lepas Bantuan Pangan dan Logistik Gempa Turki - Suriah

Presiden Jokowi memberikan sambutan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jakarta, Selasa 21 Februari 2023.-Humas Setkab/Rahmat-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk korban gempa di Turki dan Suriah.

Pengiriman kembali oleh Pemerintah Indonesia kali ini berupa 140 ton bahan makanan dan bahan-bahan logistik lainnya.

Prosesi pelepasan pengiriman bantuan dilakukan Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jakarta, Selasa 21 Februari 2023.

BACA JUGA:Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

“Diplomasi kemanusiaan terus-menerus dilakukan oleh negara kita Indonesia. Dan pada pagi hari ini, kita akan mengirimkan empat pesawat ke Turki dan ke Suriah yang berisi 140 ton bahan makanan dan bahan-bahan logistik lainnya yang sangat diperlukan di sana,” kata Presiden.

Sebelumnya, imbuh Presiden, pemerintah Indonesia juga telah mengirim tim SAR dan tim medis, membangun rumah sakit lapangan, serta pesawat Hercules untuk membantu evakuasi awal korban-korban bencana gempa di Turki maupun Suriah. 

“Kita harapkan apa yang kita kirimkan ini nanti dapat membantu saudara-saudara kita yang ada di sana,” pungkasnya.

Turut mendampingi Presiden, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sebelumnya, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan telah mengucapkan terima kasih kepada Indonesia atas bantuan gempa yang sudah tiba di negaranya.

BACA JUGA:Heboh Penampakan Ribuan Karangan Bunga Saat Peresmian Gedung Graha Pena 98

Erdogan sangat mengapresiasi babtuan yang dirikin Indonesia untuk korban gempa yang ada di Turki.

Bahkan Erdogan disebut Menlu RI, Retno LP Marsudi telah mengontak langsung Presiden Jokowi untuk berterimakasih atas bantuan gempa yang sudah dikirim mereka.

"Untuk Turki khususnya kemarin juga Bapak Presiden (Jokowi) sudah berbicara telepon dengan Presiden Erdogan," kata Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat pada Jumat, 17 Februari 2023.

"Dalam pembicaraan tersebut Presiden Erdogan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh rakyat Indonesia dan juga pemerintah Indonesia yang telah memberikan bantuan yang diperlukan untuk penanganan pasca gempa di Turki," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: