Pertemuan di Istana Bogor Hasilkan 5 Kesepakatan Indonesia- Timor Leste

Pertemuan di Istana Bogor Hasilkan 5 Kesepakatan Indonesia- Timor Leste

Pertemuan di Istana Bogor Hasilkan 5 Kesepakatan Indonesia- Timor Leste-Setpres-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Perdana Menteri (PM) Timor Leste Taur Matan Ruak melakukan kunjungan kerja ke Indonesia dan disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin 13 Februari 2023.

Dalam kunjungan kenegaraan tersebut, Indonesia dan Timor Leste menyepakati lima perjanjian kerja sama, khususnya di bidang ekonomi.

BACA JUGA:Isi Pasal 100 KUHP jadi Tameng Ferdy Sambo Bebas Jeratan Hukuman Mati? Hotman Paris Lontarkan Protes

BACA JUGA:Anggap Ada Tekanan Dalam Putusan Majelis Hakim, Arman Hanis: Saya Cuma Menilai Saja

Dalam pernyataan persnya usai pertemuan, Presiden Jokowi mengungkapkan tingginya intensitas pertemuan antara pemimpin Indonesia dan Timor Leste ternyata memperkuat kerja sama di antara kedua negara. 

Hasilnya kedua negara pada saat ini mampu menyepakati lima poin kerja sama untuk diimplementasikan pada beberapa wakti ke depan.  

“Saya masih ingat kunjungan Yang Mulia ke Indonesia tahun 2014 dan 2015 sebagai Presiden Timor Leste. Tahun lalu, Indonesia juga menerima kunjungan Presiden Ramos Horta,” ujar Presiden dalam keterangannya, Senin 13 Februari 2023.

BACA JUGA:AlphaTauri Sebut Mobil F1 AT04 Lebih Kuat, Livery Barunya Punya Makna Kuat

BACA JUGA:Duh, Ketemu Aktor Hits Jepang Takeru Satoh, Syahrini Justru Dicibir Netizen, 'Gayanya Kaya Emak-emak!'

Dalam kerja sama kawasan, kata Presiden, Timor Leste juga telah mengikuti pertemuan-pertemuan ASEAN dengan status sebagai observer, termasuk pertemuan para Menteri Luar Negeri ASEAN awal Februari yang lalu. 

Di bawah keketuaan Indonesia, lanjut Presiden, ASEAN tengah mempersiapkan keanggotaan penuh bagi Timor Leste.

“Sesuai hasil KTT ASEAN di Phnom Penh, Timor Leste secara prinsip telah diterima sebagai anggota ASEAN. Road map untuk keanggotaan penuh sedang dipersiapkan, dipimpin oleh Indonesia sebagai Ketua ASEAN saat ini,” tukasnya.

BACA JUGA:Celah Ferdy Sambo Bebas dari Hukuman Mati Dibongkar, Hotman Paris Kecewa: Apa Artinya Gitu Loh

BACA JUGA:Kubu Ferdy Sambo Sebut Vonis Mati dari Majelis Hakim Tidak Berdasarkan Fakta di Persidangan, Arman Hanis: Hanya Asumsi!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: