PSI Dukung Sistem Proposional Terbuka, Grace: Kalau Tertutup Oligarki Partai Semakin Menjadi

PSI Dukung Sistem Proposional Terbuka, Grace: Kalau Tertutup Oligarki Partai Semakin Menjadi

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menegaskan akan selalu mendukung sistem proposional terbuka dalam Pemilu 2024.

Menurutnya, apabila Pemilu 2024 menggunakan sistem proposional tertutup maka oligarki partai akan semakin parah. 

"Kalau PSI, kami dari awal ingin agar terus proporsional terbuka ya tentu kan masih menunggu selanjutnya seperti apa. Karena kalau tertutup itu berarti kita akan melihat oligarki partai yang akan semakin menjadi," kata Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie kepada wartawan di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Selasa, 14 Februari 2024.

BACA JUGA:Cak Imin tak Sepakat Sistem Proporsional Tertutup di Pemilu 2024

BACA JUGA:MK Jadwalkan Sidang Lanjutan Proporsional Terbuka Minggu Depan, Dengarkan Keterangan Presiden

Menurutnya, apabila menggunakan sistem proposional tertutup maka akan semakin seenaknya. 

"Misalnya orang dekat keluarga dari petinggi partai itu mendapat posisi yang utama kalaupun mereka ga dapat orang diatasnya bisa disingkirin dinaikin jadi suka sukanya banget apalagi kl betul-betul proposional tertutup jadi mundur demokrasi kita kami dari awal konsisten mendukung proposional terbuka," lanjut dia. 

Untuk diketahui, belakangan ini sistem proporsional terbuka dan tertutup tengah ramai diperdebatkan oleh kalangan partai politik, terutama 9 partai parlemen yang ada di DPR RI. 

Namun, diantara 9 partai parlemen yang ada di DPR RI itu, hanya ada 8 partai politik yang mendukung sistem proporsional terbuka dan 1 partai politik yang mendukung proporsional tertutup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: