Ketahuilah, Ini Segudang Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Ketahuilah, Ini Segudang Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Segudang manfaat kunyit dan efek sampingnya-Foto/Pixabay/stevepb-

Apakah kunyit aman untuk semua orang?

Bagi sebagian besar dari kita, kunyit adalah pilihan yang aman, namun ada beberapa keadaan di mana diperlukan kehati-hatian.

• Jika Anda sedang hamil, Anda harus menghindari mengonsumsi kunyit sebagai obat. Studi terbaru pada hewan menunjukkan curcumin dapat mengubah kadar hormon estrogen. Namun, menikmati bumbu dalam jumlah sedikit, misalnya dalam makanan atau minuman bisa bermanfaat selama kehamilan.

• Jika Anda mengalami anemia defisiensi besi, hindari kunyit dalam jumlah banyak. Senyawa dalam bumbu tampaknya mengikat zat besi di usus, membuatnya tidak dapat diserap dan memperburuk gejala.

• Jika Anda menderita batu empedu, sumbatan saluran empedu atau penyakit hati, Anda harus menyadari bahwa kunyit meningkatkan sekresi empedu. Memasukkan jumlah besar dalam diet Anda dapat memperburuk gejala Anda.

• Jika Anda minum obat, Anda harus merujuk ke dokter umum atau apoteker untuk mendapatkan panduan. Mereka yang mengonsumsi obat pengencer darah, obat diabetes atau PPI seperti omeprazole untuk refluks asam harus berhati-hati dengan kunyit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: