Ketahuilah, Ini Segudang Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Ketahuilah, Ini Segudang Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Segudang manfaat kunyit dan efek sampingnya-Foto/Pixabay/stevepb-

Zat ini mampu secara aktif menghentikan kerja enzim dan sitokin penyebab infeksi pada tubuh.

Di sisi lain, kandungan ini juga dapat meningkatkan kadar kortison pada kelenjar adrenal tubuh.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain mengobati peradangan, kandungan kurkumin dalam kunyit juga dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga mampu melawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh.

Fungsi ini juga didukung oleh zat catarrhal yang terkandung dalam kunyit, sehingga dengan rutin meminum air kunyit kuning dapat membantu tubuh kita melawan virus.

BACA JUGA:Hati-hati, Kelebihan Vitamin C Bisa Menimbulkan Dampak Berbahaya Loh!

3. Meredakan Radang Sendi

Studi yang membandingkan sifat antiinflamasi kunyit dengan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) telah menunjukkan harapan besar.

Penelitian pada hewan yang mengeksplorasi potensi terapeutik kurkumin sebagai pengobatan radang sendi juga menggembirakan.

Namun demikian, kita membutuhkan lebih banyak uji klinis yang dirancang dengan baik untuk menentukan kemanjuran kurkumin untuk pasien radang sendi, terutama mereka yang mengandalkan NSAID untuk mengelola kondisinya.

BACA JUGA:Ternyata Sederet Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Kadar Kolesterol Loh

4. Membantu Penderita Alzheimer atau Demensia

Bahan aktif lain dalam kunyit adalah turmerone. Meskipun sedikit yang diketahui tentang turmerone, penelitian menunjukkan, kandungan itu mungkin berguna untuk mengobati kondisi seperti stroke dan penyakit Alzheimer karena membantu memicu perbaikan sel dan berpotensi mendukung pemulihan fungsi otak.

Namun, studi ini biasanya melibatkan model hewan dan sel saja, dan karena konstituen aktif kunyit sering diserap dengan buruk pada manusia, diperlukan lebih banyak penelitian sebelum kita dapat menentukan seberapa bermanfaat turmerone.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: