Ketahuilah, Ini Segudang Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Ketahuilah, Ini Segudang Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Segudang manfaat kunyit dan efek sampingnya-Foto/Pixabay/stevepb-

Studi menunjukkan efek antioksidan dan anti-inflamasi kurkumin dapat melindungi beberapa langkah yang melekat dalam perkembangan penyakit jantung, seperti membantu menyeimbangkan kadar kolesterol.

BACA JUGA:Mandaya Royal Hospital Miliki 4 Dokter Untuk Kemoterapi Anak dan Dewasa

6. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut penelitian, kurkumin dapat bertindak sebagai modulator sistem kekebalan tubuh, memengaruhi sel-sel kekebalan tubuh yang penting; ini termasuk sel T, sel B dan sel Natural Killer.

Selain itu, curcumin tampaknya menurunkan sitokin pro-inflamasi, senyawa yang aktivitasnya berkepanjangan dapat menyebabkan kerusakan yang disebabkan oleh peradangan.

Saat dikonsumsi dengan dosis rendah, kurkumin juga dapat meningkatkan respons antibodi kita, membantu kita melawan infeksi. Penelitian pada hewan menunjukkan itu bahkan mungkin berperan dalam mengendalikan kondisi alergi seperti demam.

7. Membantu Mencegah Kanker

Kurkumin juga tampaknya menyebabkan sejumlah perubahan sel yang dapat membantu melawan kanker. Aktif pada berbagai tahap perkembangan kanker, studi menunjukkan kurkumin dapat membantu membatasi pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor, mengurangi penyebaran kanker dan berkontribusi pada kematian sel kanker.

BACA JUGA:4 Keuntungan Rajin Berolahraga Mampu Menyehatkan Jiwa Juga Loh!

8. Mengurangi Nyeri Haid

Kunyit asam merupakan salah satu minuman terpenting bagi wanita yang sedang menstruasi. Tak heran, kandungan kurkumin pada Kunyit mampu meredakan kontraksi rahim yang menjadi penyebab utama nyeri saat haid. Kunyit juga membantu mengurangi produksi prostaglandin atau hormon penyebab nyeri saat haid.

9. Mengobati Alergi

Curcumin dan bisdesmethoxycurcumin berperan sebagai senyawa anti alergi, membantu mengatasi rasa gatal yang timbul akibat alergi. Dua kandungan dalam kunyit mampu mencegah aktivitas protein berlebihan yang dapat menghasilkan terlalu banyak histamin, bahan kimia penyebab reaksi alergi.

10. Mengatasi Maag

Kembali ke masalah lambung, kunyit bermanfaat untuk mengobati nyeri akibat sakit maag. Curcumin membantu mengontrol produksi asam lambung agar tidak berlebihan dan asam lambung tidak cepat naik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: