Polri: Lokasi Heli Kapolda Jambi Mendarat Darurat di Tebing Terjal

Polri: Lokasi Heli Kapolda Jambi Mendarat Darurat di Tebing Terjal

Proses evakuasi korban helikopter rombongan Kapolda Jambi-Dok Humas Polri-

JAMBI, DISWAY.ID-- Proses evakuasi jatuhnya helikopter Polri di Hutan Kerinci, JAMBI pada Minggu, 19 Februari 2023 masih terus dilakukan. 

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan helikopter itu jatuh di tebing yang terjal

BACA JUGA:Polri Ungkap Kondisi Kapolda Jambi Usai Kecelakaan Heli: Lukanya Cukup Berat

"Ini kan tebing terjal dia, ada kemiringan jadi dia tidak bisa vertikal langsung menuju ke titik di mana heli mendarat darurat, turun lagi dia ke bawah," kata Dedi di Mabes Polri, Senin, 20 Februari 2023.

Oleh karena itu, kata Dedi, proses evakuasi dilakukan mengutamakan jalur udara. 

"Utama kita evakuasi melalui jalur udara. Karena jalur udara kita anggap paling efektif efisien untuk mempercepat proses evakuasi korban," ujar dia. 

Dedi mengatakan titik jatuhnya helikopter yang mengangkut Irjen Rusdi memang sulit dijangkau jika melalui jalan darat. Dedi menyebut butuh waktu setengah hari untuk sampai ke titik jatuhnya helikopter Kapolda Jambi jika berangkat via darat dari Merangin ataupun Kerinci. 

BACA JUGA:Polri Kerahkan 350 Personel dan 6 Helikopter Evakuasi Kapolda Jambi

"Kalau jalur darat, waktu tempuh dari Kerinci maupun Merangin ke TKP ini sangat panjang, hampir sekitar kurang lebih 12 jam. Itu pun belum membawa perbekalan, kalau tidak bawa perbekalan, akan lebih lama lagi untuk bisa mencapai titik," ujarnya.

Diketahui, sebanyak 350 personel dikerahkan untuk melakukan proses evakuasi korban helikopter Kapolda Jambi yang mendarat darurat di hutan Bukit Tamia, Jambi pada Minggu, 19 Februari 2023.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan saat ini Tim melanjutkan proses evakuasi melalui jalur udara yang sempat dihentikan pada malam kemarin. 

“Alhamdulillah, pada hari ini situasi dan cuaca cukup cerah sehingga tim evakuasi udara kita harapkan bisa mengevakuasi seluruh korban dan tim darat juga kurang lebih sekitar 350 orang juga bergerak,” ujar Dedi kepada wartawan, Senin, 20 Februari 2023.

BACA JUGA:Detik-detik Penyelamatan Kecelakaan Helikopter yang Bawa Rombongan Kapolda Jambi, Krishna Murti: 'Insha Allah Segera Sembuh'

Selain itu, Polri juga mengerahkan enam helikopter untuk membantu proses evakuasi kecelakaan tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: