Polri Kerahkan 350 Personel dan 6 Helikopter Evakuasi Kapolda Jambi

Polri Kerahkan 350 Personel dan 6 Helikopter Evakuasi Kapolda Jambi

Helikopter NBELL-412 P-3001-ilustrasi-indomiliter

JAMBI, DISWAY.ID-- Sebanyak 350 personel dikerahkan untuk melakukan proses evakuasi korban helikopter Kapolda Jambi yang mendarat darurat di hutan Bukit Tamia, Jambi pada Minggu 19 Februari 2023.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan saat ini Tim melanjutkan proses evakuasi melalui jalur udara yang sempat dihentikan pada malam kemarin. 

“Alhamdulillah, pada hari ini situasi dan cuaca cukup cerah sehingga tim evakuasi udara kita harapkan bisa mengevakuasi seluruh korban dan tim darat juga kurang lebih sekitar 350 orang juga bergerak,” ujar Dedi kepada wartawan, Senin 20 Februari 2023.

BACA JUGA:Detik-detik Penyelamatan Kecelakaan Helikopter yang Bawa Rombongan Kapolda Jambi, Krishna Murti: 'Insha Allah Segera Sembuh'

Selain itu, Polri juga mengerahkan enam helikopter untuk membantu proses evakuasi kecelakaan tersebut. 

“Ada dua tim yang sudah bergerak dimulai tadi malam sampai dengan hari ini, tim udara ada menggunakan kemarin tuh baru tiga heli tapi hari ini kita sudah menggunakan ada enam helikopter,” tuturnya. 

Adapun enam helikopter itu berasal dari Polri, TNI Angkatan Udara, hingga Basarnas. Sementara untuk jalur darat, tim evakuasi dipimpin oleh Kapolres Kerinci AKBP Patria Yuda Rahadian telah berhasil bertemu dengan rombongan Kapolda Jambi yang mengalami Kecelakaan di tengah hutan sekitar pukul 04.00 WIB.

“Jam 10.00 WIB tadi sudah diberangkatkan tim evakuasi jalur udara, baik helikopter Polri maupun Basarnas,” jelas dia.

Diketahui, Helikopter Polri berjenis Super Bell P-3001 yang membawa rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono mendarat darurat di Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci diperkirakan akibat pengaruh cuaca buruk, Minggu 19 Februari 2023.

BACA JUGA:Begini Kondisi Wowon CS Selama di Tahanan

Helikopter tersebut juga membawa Dirreskrimum Polda Jambi, Kombes Pol Andri Ananta, Dirpolairud Polda Jambi, Kombes Pol Muchael Bumbunan, Korpspripim Polda Kompol A Yani Jambi dan seorang ADC Kapolda Jambi.

Akibat peristiwa itu, Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono dikabarkan mengalami patah tangan kanan. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan semua penumpang dan kru helikopter dalam keadaan selamat.

"Kita sudah dapat informasi karena dari penumpang berjumlah 8 orang, terdiri Kapolda, Direktur, staf dan 3 kru semua masih dalam kondisi selamat walaupun ada beberapa orang yang terluka dan beberapa orang dari mereka bisa berkomunikasi dengan kita walau kadang kala ada kesulitan," ujar Listyo, kepada wartawan, di Media Center GBK, Minggu, 19 Februari 2023.

Polri juga telah mengetahui lokasi pendaratan darurat helikopter tersebut. Saat ini tim SAR telah dikerahkan untuk melakukan evakuasi dengan mengerahkan dua helikopter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: