Daftar Rute Lengkap MRT Fase 3 Banten-Cikarang

Daftar Rute Lengkap MRT Fase 3 Banten-Cikarang

Ilustrasi proyek MRT di Jakarta-instagram @mrtjkt-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah mengerjakan proyek pembangunan fase 3 Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta.  

Diketahui, Fase 3 koridor East—West MRT Jakarta direncanakan akan membentang sepanjang sekitar 84,1 kilometer dari Cikarang, Jawa Barat hingga Balaraja, Banten, melewati wilayah DKI Jakarta sepanjang sekitar 33,7 kilometer. 

Pemprov DKI Jakarta memastikan pembangunan MRT Fase III akan dilakukan mulai 2024. Terkait hal ini, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Gubernur Jawa Barat  Ridwan Kamil dan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman pada Jumat, 17 Februari 2023 lalu. 

BACA JUGA:Khusus Pemula, Begini Cara Nabung Emas di Pegadaian, Mudah dan Murah!

“Baratnya dimulai dari provinsi Banten di Balaraja, melewati DKI di Tomang, kemudian masuk ke Kota Bekasi dan terus ke Cikarang di kabupaten,” ujar Ridwan Kamil. 

Ridwan menuturkan, program pembangunan MRT koridor Barat-Timur ini merupakan arahan dari Presiden Jokowi untuk mulai bangun MRT dari Jalur barat provinsi Banten hingga Cikarang.

Dengan pembangunan moda transportasi ini diharapkan warga Bekasi beralih memakai transportasi massal.

“Mudah-mudahan dalam hitungan tahun yang tidak terlalu lama, kita harapkan puluhan ribu warga Kota Bekasi yang biasa naik mobil bisa beralih ke transporasi massal,” tutur Ridwan. 

BACA JUGA:Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian 21 Februari 2023 Bergerak Dua Arah

Pengerjaan Fase 3 bakal dibagi menjadi 2 fase, yakni Fase 1 meliputi rute Kembangan-Medan Satria dan Fase 2 Barat, Kembangan-Balaraja serta Fase 2 Timur Medan Satria-Cikarang. 

Kemudian untuk MRT Jakarta Fase III tahap 2 dibagi lagi menjadi dua. Pertama lintas barat atau yang masuk me dalan regional Banten sepanjang 29,9 km yang menghubungkan Balaraja hingga Karang Tengah.

Selanjutnya, di lintas timur akan dibangun jaringan MRT sepanjang 20,43 km yang menghubungkan Medan Satria- Cikarang. 

Dilansir dari akun Instagram resmi @mrtjkt, pada Selasa, 21 Februari 2023, berikut rincian daerah yang bakal dilewati MRT Jakarta Fase III Cikarang-Balaraja. 

1. Fase 3B Timur (Bekasi, Jawa Barat 20,438 KM)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: