Soal Capres dan Cawapres PDIP, Hasto: Harus Dilakukan Secara Detail

Soal Capres dan Cawapres PDIP, Hasto: Harus Dilakukan Secara Detail

Sekretaris Jendral (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY. ID - Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari PDI Perjuangan akan segera diumumkan. 

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Sekretaris Jendral PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. Bahkan dirinya juga menyebutkan, akan ada partai politik yang gabung dan berkoalisi dengan PDIP

Walaupun begitu, kata Hasto, dirinya masih enggan membeberkan waktu pengumuman tersebut akan dilaksanakan.  

Dia menjelaskan, saat ini PDIP masih menunggu momentum yang tepat dan tidak terlalu terburu- buru karena pihaknya tidak terpengaruh oleh segelintir pihak. 

"Ini semua harus dilakukan secara detail. Sehingga untuk urusan pemimpin, ukurannya bukan cepat tidaknya. Ukurannya pada kualitas dari pemimpin tersebut," ujar Hasto Kristiyanto melalui keterangan resminya, Sabtu 25 Februari 2023 

Sebagai informasi, beberapa partai politik sudah menunjukan pergerakannya untuk Pemilu 2024 nanti, seperti melakukan koalisi bahkan ada yang sudah mendeklarasikan capres dari koalisinya untuk Pilpres 2024.

Namun, hal tersebut masih terlalu dini untuk ditabuh untuk segelintir pihak. Menurut Hasto, masih banyak persoalan bangsa yang perlu perhatikan, termasuk para elite politik.

"Jadi pertanyaan yang bagus karena genderang Pilpres ditabuh terlalu awal, padahal kita ada persoalan-persoalan fundamental terkait kualitas pendidikan, kemiskinan dan kemudian juga masalah Papua," jelas Hasto. 

Adapun yang menjadi perhatian pihak PDIP, yakni persoalan stunting menjalankan politik lingkungan hingga masalah geopolitik dunia. Hasto menyebutkan bahwa permasalahan tersebut menjadi fokus perhatian PDIP saat ini. 

Perhatian ini dilakukan demi menurunnya angka stunting sekaligus memastikan kualitas tumbuh kembang dan kecerdasan anak - anak masa depan Indonesia.

"Bagaimana perhatian ibu terhadap stunting. Buktinya kita setelah Pak Jokowi melakukan berbagai upaya pun kita masih 22 persen yang terkena stunting dari 100 anak Indonesia," kata Hasto. 

"Ini bukan persoalan tubuh pendek, ini persoalan pemikirannya, persoalan kecerdasannya. Ini mengancam masa depan 24 tahun yang akan datang. Ini yang seharusnya kita lihat," sambung pria yang merupakan seorang doktor ilmu pertahanan. 

Oleh sebab itu, Hasto menegaskan pihak belum terburu-buru untuk menentukan capres ataupun cawapres. Saat ini pihak PDIP masih berfokus pada permasalahan yang ada di Indonesia. 

"Kemudian dilakukan dengan melihat berbagai aspek- aspek persoalan perekonomian kita, aspek internasional, aspek kesiapan seluruh jajaran partai," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: