Erdogan Targetkan 200.000 Apartemen Dibangun Kembali, 184 Kontraktor Ditangkap atas Runtuhnya Ratusan Ribu Bangunan

Erdogan Targetkan 200.000 Apartemen Dibangun Kembali, 184 Kontraktor Ditangkap atas Runtuhnya Ratusan Ribu Bangunan

KORBAN GEMPA menghangatkan diri dengan api unggun di antara reruntuhan bangunan di kota Kahramanmaras, Turkiye, 18 Februari 2023.-BULENT KILIC-AFP-

Rencana awal pemerintah Turki sekarang adalah membangun 200.000 apartemen dan 70.000 rumah desa dengan biaya setidaknya $15 miliar, katanya.

Sementara itu Bank AS JPMorgan memperkirakan pembangunan kembali rumah dan infrastruktur akan menelan biaya $25 miliar.

Turki juga mengeluarkan peraturan baru di mana perusahaan dan badan amal dapat membangun rumah dan tempat kerja untuk disumbangkan ke Kementerian Urbanisasi bagi orang yang membutuhkan.

Sementra itu investigasi telah diluncurkan terhadap lebih dari 600 orang sehubungan dengan bangunan yang runtuh akibat gempa Turki.

BACA JUGA:Innalillahi! Turki Kembali Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan M 6,4: Tiga Orang Tewas, 200 Lainnya Luka-luka

Menteri Kehakiman Bekir Bozdag mengatakan 184 dari 612 tersangka telah ditahan sambil menunggu persidangan.

Mereka yang ditahan termasuk kontraktor konstruksi dan pemilik atau manajer bangunan, katanya dalam komentar yang disiarkan televisi dari pusat koordinasi di Diyarbakir di tenggara Turki.

“Deteksi bukti di gedung terus berlanjut sebagai dasar penyelidikan kriminal,” tambah Bozdag.

Mereka yang secara resmi ditangkap dan ditahan termasuk 79 kontraktor konstruksi, 74 orang yang memikul tanggung jawab hukum atas bangunan, 13 pemilik properti dan 18 orang yang telah melakukan perubahan pada bangunan, katanya.

Banyak orang Turki telah menyatakan kemarahan atas apa yang mereka lihat sebagai praktik bangunan yang korup dan perkembangan kota yang cacat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: