Kisah Lengkap Diturunkannya Al Quran di Bulan Ramadhan

Kisah Lengkap Diturunkannya Al Quran di Bulan Ramadhan

ilustrasi Al Quran-Freepik.com-

Disebut sebagai bulannya Al-Qur’an karena mempunyai beberapa kriteria.

Pertama, pada surat Al-Baqarah ayat 185 dijelaskan, bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk keseluruhan manusia tanpa terkecuali, juga sebagai penjelas daripada petunjuk tersebut, serta sebagai pembeda mana yang halal dan mana yang haram, mana yang benar dan salah.

Kedua, di bulan ini Rasulullah SAW sering berinteraksi dengan Al-Qur’an, berjumpa dengan malaikat Jibril untuk belajar Al-Qur’an.

Hal ini juga disebutkan dalam Hadis Ibnu Abbas, Rasulullah saw. adalah orang yang paling dermawan, terlebih ketika bulan Ramadan karena bertemu dengan malaikat Jibril, dan sungguh ketika bertemu dengan malaikat Jibril kedermawanan Rasulullah makin bertambah.

BACA JUGA:Ammar Zoni Ditangkap Nyabu Setelah Mengaku Kapok Isap Ganja

Alasan yang ketiga, dalam bulan Ramadan, para ulama salaf termasuk Tabiut Tabi’in, senantiasa meningkatkan intensitasnya dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an. 

Sebagaimana yang disampaikan Ibnu Rajab Al Hambali dalam kitabnya Lathaiful Ma’arif. Khatam Al-Qur’an bisa dilakukan selama tiga hari, tujuh hari, dan sepuluh hari.

Mengapa Al Quran diturunkan secara berangsur angsur selama hampir 23 tahun?

Al Quran diturunkan secara berangsur angsur selama 23 tahun atau tepatnya adalah 22 tahun 2 bulan 22 hari kepada Nabi Muhammad SAW. 

BACA JUGA:Polres Jakbar Amankan 18 Pelajar di Kalideres, Menenteng Celurit, Diduga Hendak Tawuran

Kitab suci umat Islam ini diturunkan melalui perantaraan malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. 

Goa Hira di Jabal al Nur (Gunung Cahaya), sebuah gunung dekat kota Mekkah di Hejaz, Arab Saudi menjadi saksi bisu pada hari Senin malam pada tanggal 17 Ramadhan atau 10 Agustus 610 M, ayat pertama Al Qur’an turun. Saat itu Nabi Muhammad SAW berusia 40 tahun.

Ada juga yang mengatakan Al Qur’an turun tanggal 21 Ramadhan. 

Dasar pendapat Al Qur’an turun tanggal 21 Ramadhan adalah firman Alloh SWT surat Al Qadr 1-5 : 1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. 

Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: