Beijing Syiah-Sunni

Beijing Syiah-Sunni

--

JUMAT keramat dirayakan di Beijing Jumat lalu. Hari itu Tiongkok berhasil merukunkan kembali Arab Saudi dan Iran.

Dua negara Islam itu pun sepakat menjalin hubungan diplomatik kembali. Pun siap membuka kedutaan masing-masing. Konkret sekali waktunya: paling lama dua bulan ke depan.

Maka berita besar dari Beijing, minggu ini, tidak hanya soal lahirnya Mao Zedong baru di sana. Juga soal berakhirnya ketegangan antara Arab Saudi yang sunni dan Iran yang syiah.

Empat hari lamanya wakil Saudi dan Iran berunding di Beijing. Itu sebagai klimaks dari kunjungan Xi Jinping - -Si Mao Zedong baru-- ke Arab Saudi beberapa bulan lalu. Disusul kunjungan Presiden Iran Ebrahim Raisi ke Beijing belum lama ini.

Maka Tiongkok telah mulai menggeser Amerika Serikat pun di bidang diplomatik. Tiongkok memang sudah lama menjadi tempat curhat Iran. Yakni setelah negara itu dikucilkan Amerika dan Barat. Minyak Iran diam-diam mengalir ke Tiongkok, ketika sulit mendapat pasar internasional.

Negara seperti Indonesia pun takut membeli minyak Iran. Padahal murah sekali. Saya pernah ke Iran menjajaki kemungkinan itu. Pada akhirnya tidak bisa jadi kenyataan.

Indonesia tidak mau ambil risiko.

Tiongkok bukan tidak punya risiko di Iran. Anda sudah tahu: Putri Mahkota Huawei sampai disekap di Kanada dua tahun: Meng Wenzhou. Menderita sekali pun ketika disekap di rumah mewah.

Risiko lain sudah terjadi: Huawei gagal lekas-lekas menjadi nomor satu di dunia.

Tapi Tiongkok memang kuat. Termasuk nyalinya. Mendapat sanksi Amerika begitu bertubi-tubi tetap bisa tegak melebihi subuh. Misalkan itu menimpa Indonesia siapa bisa berani menanggung akibatnya.

Kesepakatan rukun kembali dua negara Timteng itu sekaligus menandakan Arab Saudi tidak lagi sepenuhnya menjadi satelit Amerika.

Di Beijing mereka sampai memutuskan nama duta besar masing-masing. Nama duta besar sudah harus siap  begitu Lebaran selesai.

Setelah itu Xi Jinping akan berkunjung ke Iran. Saat ke Beijing, Ebrahim memang mengundang Presiden Xi. Dan undangan itu langsung diterima dan disanggupi.

Bisa jadi Iran akan menjadi negara pertama yang dikunjungi Xi Jinping setelah berhasil mendapatkan periode ketiga jabatannya. Tiongkok bukan negara yang punya keterikatan sopan santun diplomatik. Ia tidak harus mengutamakan berkunjung ke negara mana dulu sebelum ke Iran.

Beda dengan pemimpin baru Jepang. Ia belum berani ke negara lain sebelum ke Amerika. Pun Korea Selatan. Dan banyak negara lain.

Afrika kini juga hampir total beralih pandang ke Tiongkok. Bahkan dengan narasi emosional: Barat datang ke Afrika untuk menindas dan memiskinkannya, Tiongkok datang ke Afrika untuk membangunnya.

Tentu juga akan lebih banyak lagi proyek Tiongkok di Iran. Lewat berbagai cara. Agar bisa berkelit dari sanksi Amerika. Atau mungkin justru kian terang-terangan menyiasati sanksi itu.

Langkah kuda Tiongkok ini sangat bertepatan dengan langkah pion  Amerika. Minggu ini Amerika menerima kedatangan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. Ini akan memicu ketegangan baru antara Tiongkok dan Amerika. Padahal ketegangan lama belum sempat reda.

Alasannya memang masih klasik. Ing-wen hanya transit di Amerika. Yakni dalam perjalanan yang pesawatnya harus isi BBM di sana. Itu pun tidak di ibu kota Washington DC. Kalau dulu mampir California kali ini mungkin di Tennessee. Yang akan menemui Ing-wen pun bukan pejabat tinggi eksekutif, tapi ketua DPR baru Amerika. Seolah ketua dari Republik ini tidak mau kalah dengan saat ketua masih dijabat Demokrat: Nancy Pelosi. Yang bikin heboh dengan cara mendarat tengah gelap malam di Taiwan tahun lalu.

"Ternyata dialog dan diplomasi  bisa menyelesaikan ketegangan antara Iran dan Saudi. Kita harus percaya pada kekuatan dialog dan diplomasi. Bukan dengan ancaman dan perang," tulis media di Beijing.

Pendapat serupa juga diucapkan Wang Yi, pejabat tinggi Tiongkok yang mengomandani kerukunan kembali Iran-Saudi.

Kata-kata itu seperti sengaja dipilih untuk menyindir Amerika yang tidak mau mendialogkan ketegangan. "Dialog yang baik", tulis media itu, "adalah dialog yang dalam posisi sejajar". Bukan yang satu menempatkan diri lebih tinggi. Itu bukan dialog. Itu menekan.

Iran-Saudi memang saling memutus hubungan akibat ketegangan 7 tahun lalu. Hari itu, di awal tahun 2016, Saudi mengeksekusi ulama besar aliran syiah: Nimr Baqir Al Nimr.

Kelas keulamaan Nimr sudah di level ayatullah. Ia juga jadi pujaan anak muda wilayah timur Saudi Arabia. Pengaruhnya sampai Bahrain, Qatar dan Abu Dhabi.

Ulama itu kelahiran Al Awamiyah, bagian timur Arab Saudi. Usianya 64 tahun. Pendidikannya di Iran dan Yaman. Ia memang gemar mengkritik Saudi Arabia. Dan penguasanya. "Harus ada Pemilu di sini," ujarnya di berbagai pidatonya.

Ayatullah Nimr juga dituduh di belakang maraknya demonstrasi anti pemerintah di wilayah timur Saudi. Gerakan Nimr ini marak bersamaan dengan munculnya gerakan serupa di berbagai negara Arab. Yakni di tahun 2010-2012.

Pada saat itu Nimr tertembak kakinya. Ia pun ditangkap.

Dua sepupunya juga tewas. Salah satu sepupu lainnya ditangkap. Masih 17 tahun. Anak ini juga dijatuhi hukuman mati - -belakangan dibebaskan.

Istri Nimr sakit keras. Dibawa ke New York. Meninggal di sana saat Nimr masih di tahanan.

Tuduhan untuk Nimr bertambah: memperjuangkan kemerdekaan wilayah timur Saudi. Ia dianggap separatis. Lalu ditambah lagi tuduhan lain: mengundang intervensi asing.

Nimr sendiri di tahun 2014 dijatuhi hukuman mati. Ia dieksekusi di tahun 2016 bersama 47 orang lainnya. Iran marah besar. Hubungan diplomatik diputus. Kedubes Arab Saudi di Tehran didemo. Dirusak.

Kepopuleran Nimr saat itu sudah seperti Nasrullah, pemimpin Hisbullah, di Lebanon. Kata-katanya adalah fatwa yang diikuti umatnya.

Setelah ketegangan 2016 itu banyak terjadi perubahan. Arab kian terbuka. Iran ganti presiden. Tiongkok bersitegang dengan Amerika. Xi Jinping jadi Mao baru.

Dan si Pipi tembem sudah kembali ke Makkah.(Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 11 Maret 2022

Juve Zhang
@ma, pertanyaan bagus, sepertinya sistem perpajakan Amerika sudah ada standar dan sangat mumpuni, dan di Amerika kejahatan pajak termasuk jenis kejahatan yg besar, sangat jarang yg berani main main pajak. Kemarin saya tulis di YT seorang prof ekonomi menyebutkan kejahatan PANI# grup di Indonesia, yg harusnya bayar pajak 925 milyar malah nego sama petugas pajak hanya bayar 325 milyar, sisa 600 milyar ini yg dibagikan ke petugas pajak,entah di beri 200 milyar atau lebih. Itu disebutkan oleh pak Mahfud MD sebagai pencucian uang yg sampai 300 triliun di kementerian keuangan. 

Mbah Mars
Kriwikan dadi grojogan. Dari kisah cinta-cintaan blar ke arah yg sangat serius. Tentang korupsi para pegawai pajak. Pejabat pajak menyewa konsultan pajak agar terhindar dari pajak. Si Alun disinyalir punya harta 2,5 trilyun. Nimbun batangan emas 60 kg. Itu sungguh mencengangkan. Yg lebih mencengangkan tentu jika hanya Alun saja yang seperti itu di direktorat pajak. 

Rihlatul Ulfa
Bukankah sudah jelas bahwa, Srimulyani tidak bisa melihat masalah yang ada 'ditubuhnya sendiri' seoalah2 sebelum masalah Rafael Alun ini meledak. kemenkeu seperti tidak ada cacat. ya masyarakat harus taat bayar pajak. ya pejabat pajak tidak ada yg hidup bermewah2an apalagi sampai punya Rubicon. Rafael Alun pejabat pajak sampai mempunyai safe deposito box, senilai 37 miliar dalam bentuk uang tunai. tentu kenaikan BBM sampai 10 ribu tidak ada apa2nya. mau BBM sampai diharga 20 ribu, tidak akan membuat dia miskin. anak2nya seperti anak yang paling beruntung dimuka bumi ini, tidak akan merasa kelaparan, tidak harus beekrja keras, tinggal pamer. selesai.

jika anda sampai mengorbankan rakyat kecil. anda harus siap2 dengan hal2 besar yang akan datang pada anda.

Leong Putu
@Otong....

Itu kan tantangan kemarin. Edisi tanggal 10 Maret. Sudah exp, dah gak berlaku. Ada nasehat : "kesusahan sehari, cukuplah untuk sehari". Jangan kesusahan kemarin dibawa sampai hari ini ! Move on please...

Dah itu aja tanggapan saya....

Wkwkwkwk...

Selamat bergabung dengan @Amat K, menjadi muridnya P. Pry...

Juve Zhang
Ini. Curhat pedagang di pasar yg sedang sepi menunggu pembeli wkwkwkk

Jimmy Marta
Panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang... (Dah 90 huruf, pa belum?)...hehe

Jimmy Marta
Eh. Bukan batas karakter...wkwk

Jo Neka
Kang Otong dapat nilai 4.pun ga pantes..ehh di tambahi Preet..Ambyar hahaha.

Lusy Anggraini
mau berhitung tapi jadi bingung berapa sisa uang pak D setelah berhemat sekian riyal? 
sejatinya memang semua hanya barang titipan-Nya

Otong Sutisna
Hari ini saya akan menjawab tantangan pak Pry bahwa saya bisa menulis panjang dan tidak eng....ing...eng...aja. Sekaligus saya juga mau buktikan ke Abah, saya bukan wartawan atau mantan wartawan bisa juga menulis panjang walaupun tidak sesuai dengan moto hidup saya, "apalah artinya panjang dan gede tapi tidak memuaskan...ups' mencukupi". Maksudnya penghasilan @LP....ingat jangan ngeres.

Saya pikir Abah dan saya tidak jauh berbeda; Abah banyak tabungan, saya banyak utang...ups kebutuhan, Abah mantan menteri saya calon menteri...ups jangan ngiri siapa tau mimpi jadi kenyataan dan Abah sedikit ganteng....nah kalau ini saya pasti menang, karena banyak orang memuji bahwa wajah saya mirip Ariel.... wkwkwk.

Baik begini tulisannya harap di simak baik-baik ; 

Pak Pry beserta ibu pagi-pagi sekali pergi ke pasar Sidoarjo untuk berbelanja sayuran dan buah - buahan. Sayuran diantaranya beliau membeli; wortel, kacang panjang, kacang tanah, kacang mete, daun bayam, daun ketela pohon, daun tangkil, daun bawang, bawang merah, bawang putih, sawi hijau, sawi putih, kol, timun, kentang, seledri, kubis, waluh, kangkung, genjer, asparagus, tomat, lobak dll, adapun macam - macam buah - buahan adalah; pepaya, mangga arumanis, mangga golek, mangga gedong, mangga cengkir, nenas, nangka, sirsak, apel, jeruk Mandarin, jeruk Bali, jeruk Medan, rambutan, kiwi, semangka, durian musang king, durian bawor, durian cinapel, durian monthong, markisa, stroberi, blueberry, dukuh...

mz arifinuz
Para komentator dipesilahkan saling berlomba memberi pengalaman2 istimewa nya, ilmu2 nya yg hebat di Disway ini. Bila Disway surplus hasil nya berlimpah, tentu para komentator2 kan kebagian juga. Barangkali.

AnalisAsalAsalan
"SAYA bangga sekali: berhasil menawar separo harga," tulis Abah.

Kata emak-emak dalam hati, "Cuma segitu kok bangga sekali. Nawar itu separuh harga plus dapat emboh (tambahan) bawang merah sak cakupan (satu genggam)."

Inilah pertarungan tawar-menawar antara Abah dan emak-emak. Hahahahaha.

Rasyid Farhan
Pak DI numpang nanya, apakah waktu bapak masih jadi sesuatu dahulu antara menko huk, men keu n ppatk berbalas pantun di media ttg 300t atau ada rapat rapat sesuatu pak? ????

dar_smd
"merasa" beruntung karena "merasa" bs berhemat, padahal dari tulisan win-win-WIN silution saja kelihatan pengen misuh ke pak tua yang untung besar, terima kasih sudah membuat minggu pagi saya terpingkal pingkal sampe mau nangis, lanjutkan pak

Muhammad Sk
Dari lokal ada texmaco group. Hayo siapa yang mau bongkar aib nya. Tapi saya nggk ikut-ikutan. Lagi males bhs perusahaan orang. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 277

  • Wanda Dhia A
    Wanda Dhia A
  • Nawang Arie
    Nawang Arie
  • mz arifinuz
    mz arifinuz
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Naila Rizkiyah
    Naila Rizkiyah
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • Nimas
      Nimas
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Nimas
      Nimas
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Nimas
    Nimas
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • mz arifinuz
    mz arifinuz
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Parikesit
    Parikesit
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Amat K.
    Amat K.
    • Amat K.
      Amat K.
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Amat K.
    Amat K.
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Liam Then
      Liam Then
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
  • mz arifinuz
    mz arifinuz
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • yea aina
      yea aina
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • Liam Then
    Liam Then
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Liam Then
      Liam Then
    • Amat K.
      Amat K.
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Amat K.
      Amat K.
  • mz arifinuz
    mz arifinuz
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Kalender Lengkap
    Kalender Lengkap
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • yea aina
    yea aina
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • Liam Then
      Liam Then
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Amat K.
      Amat K.
    • yea aina
      yea aina
    • Liam Then
      Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • imam rasidi
    imam rasidi
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • sinung nugroho
      sinung nugroho
    • yea aina
      yea aina
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • mz arifinuz
    mz arifinuz
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • sinung nugroho
      sinung nugroho
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • yea aina
      yea aina
    • Mahmud Al Mustasyar
      Mahmud Al Mustasyar
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Mahmud Al Mustasyar
      Mahmud Al Mustasyar
    • yea aina
      yea aina
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • mz arifinuz
    mz arifinuz
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • sinung nugroho
      sinung nugroho
  • mz arifinuz
    mz arifinuz
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • Warung Faiz
    Warung Faiz
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Warung Faiz
      Warung Faiz
    • Warung Faiz
      Warung Faiz
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Jo Neka
    Jo Neka
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Amat K.
      Amat K.
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Jo Neka
      Jo Neka
  • hoki wjy
    hoki wjy
  • surya dewantara
    surya dewantara
  • mz arifinuz
    mz arifinuz
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • Er Gham
    Er Gham
  • hoki wjy
    hoki wjy
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • yea aina
      yea aina
    • yea aina
      yea aina
  • ALI FAUZI
    ALI FAUZI
    • Mahmud Al Mustasyar
      Mahmud Al Mustasyar
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • ALI FAUZI
    ALI FAUZI
  • omami clan
    omami clan
  • hoki wjy
    hoki wjy
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • Zak cen Fu
    Zak cen Fu
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • mz arifinuz
    mz arifinuz
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Pakdhe joyo Kertomas
    Pakdhe joyo Kertomas
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • Liáng - βιολί ζήτα
    Liáng - βιολί ζήτα
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • imau compo
      imau compo
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Nimas
      Nimas
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Nimas
      Nimas
  • mz arifinuz
    mz arifinuz
  • Kevin Hs
    Kevin Hs
  • DeniK
    DeniK
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Amat K.
      Amat K.
    • ALI FAUZI
      ALI FAUZI
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
    • Liam Then
      Liam Then
    • Legeg Sunda
      Legeg Sunda
  • Kliwon
    Kliwon
    • Nimas
      Nimas
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Liam Then
      Liam Then
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Amat K.
      Amat K.
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Er Gham
    Er Gham
  • Legeg Sunda
    Legeg Sunda
    • Legeg Sunda
      Legeg Sunda
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Amat K.
    Amat K.
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Mahmud Al Mustasyar
      Mahmud Al Mustasyar
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • Amat K.
    Amat K.
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • mz arifinuz
    mz arifinuz
  • Amat K.
    Amat K.
    • Amat K.
      Amat K.
  • Jo Neka
    Jo Neka
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • Fa Za
    Fa Za
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • omami clan
      omami clan
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • hari purwani
    hari purwani
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
  • hari purwani
    hari purwani
  • hari purwani
    hari purwani
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • alasroban
      alasroban
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • alasroban
    alasroban
    • alasroban
      alasroban
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
  • hari purwani
    hari purwani
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Kevin Hs
      Kevin Hs
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Joko Sampurno
      Joko Sampurno
  • rid kc
    rid kc
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
    • Amat K.
      Amat K.
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Amat K.
      Amat K.
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Kevin Hs
      Kevin Hs
    • Kevin Hs
      Kevin Hs
  • mz arifinuz
    mz arifinuz
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
    • alasroban
      alasroban
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • ra tepak pol
    ra tepak pol
    • Agus Suryono
      Agus Suryono