Kapolri Ingatkan Jajarannya Agar Siap Antisipasi Lonjakan Arus Mudik Lebaran 2023

Kapolri Ingatkan Jajarannya Agar Siap Antisipasi Lonjakan Arus Mudik Lebaran 2023

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo larang keras mudik pakai sepeda motor. Polri buka pendaftaran mudik gratis 2023-korlantas-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan prediksi pemudik lebaran tahun 2023 akan mengalami peningkatan pesat. 

Maka dari itu, semua jajarannya termasuk Satlantas dan Petugas Dishub di seluruh jalur pemudik diminta meninjau lapangan serta menyusun rencana agar pelaksanaannya berjalan baik.

BACA JUGA:Ayah AKBP Dody Mengaku Ditelpon Teddy Minahasa, Diajak Bersekutu di Persidangan

Berdasarkan hasil koordinasi bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub), masyarakat yang melakukan perjalanan mudik tahun 2022 sebanyak 85 juta jiwa. 

Jumlah itu diprediksi meningkat seiring kedaruratan pandemi Covid-19 menurun dan semakin terkendali.

“Sebentar lagi kita juga akan masuk pada hari raya Idul Fitri dan pak Menhub kemarin sudah sampaikan hasil survei di tahun 2023 kali ini jumlah pemudiknya akan jauh lebih besar, kalau tahun lalu kurang lebih 85 jutaan ya,” ujar Kapolri saat menghadiri acara Rakernis Korlantas Polri di Kota Bandung, Selasa 14 Maret 2023.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Terkejut Guru di Cirebon yang Panggil Dirinya 'Maneh' Dipecat, Buru-buru Klarifikasi di Instagram

Sigit juga mengatakan, tahun ini kurang lebih 123 juta yang akan mudik, artinya tentunya kita bisa membayangkan bagaimana kalau rekayasa lalu lintas yang kita siapkan ke depan tidak kita laksanakan secara maksimal.

“Permasalahan utama yang menjadi fokusnya adalah kemacetan di jalan tol hingga alternatif. Kemudian kepadatan dari moda transportasi umum. Pada tahun lalu masalah-masalah tersebut berhasil diatasi. Tahun ini, seiring dengan peningkatan pemudik, maka upaya antisipasi harus disiapkan dengan maksimal.” terangnya.

BACA JUGA:Dokter Subuh Menang Gugatan di Tingkat Kasasi, Bukti Profesi Dokter Juga Termasuk Pekerja, Bukan cuma Mitra!

Dia mengimbau semua anggotanya melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait. Survei ke lapangan pun harus mulai intens dilakukan sekaligus menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas.

“Pengalaman kemarin, mudik di tahun 2022 yang tadinya kita perkirakan bahwa akan terjadi kemacetan yang luar biasa, alhamdulillah bisa kita atasi, maka harapan kita di tahun 2023 ini dengan koordinasi lebih awal,” tuturnya

“Intinya, baik pemudik yang menggunakan jalur tol, maupun jalur arteri, semuanya harus merasakan pelayanan yang maksimal khususnya dari jajaran kepolisian tentunya kita anjurkan untuk pilihan moda transportasi yang lain yang tentunya juga nyaman buat masyarakat seperti kereta api, dan sebagainya,” pungkasnya.

BACA JUGA:Media Sosial Manchester United Tiba-tiba Unggah Potret Julia Roberts saat Berkunjung ke Old Trafford, Ada Apa Nih? Ternyata...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: