Dampak Positif dan Negatif ebisnis Dalam Dunia Bisnis

Dampak Positif dan Negatif ebisnis Dalam Dunia Bisnis

Ilustrasi menjalankan bisnis menggunakan internet.-ebisnis-

SEKARANG ini kehadiran internet bisa mengubah banyak hal di dalam kehidupan. Internet bisa mengubah bagaimana cara orang berinteraksi dan berperilaku sampai dengan cara untuk menjalankan bisnis yang sering disebut dengan ebisnis. lalu, apa dampak positif dan negatif ebisnis? 

Mungkin bagi yang belum menerapkan ebisnis akan memiliki pertanyaan tersebut. Tak salah, sebab menerapkan konsep ebisnis bukan berarti semua proses bisnis menjadi bebas hambatan. Hal ini karena setiap langkah yang ditempuh mempunyai sisi positif dan negatifnya. 

Ada berbagai macam pertimbangan sebelum mulai menerapkan ebisnis di dalam perusahaan. Lalu, apa saja dampak positif dan negatif dari penerapan ebisnis keuangan? Simak jawabannya dalam pembahasan berikut ini. 

BACA JUGA:Cara Daftar KTP Digital dan Mendapatkan QR Code Aktivasi dari Disdukcapil

Pengertian ebisnis

Ebisnis pertama kai diperkenalkan oleh Lou Gerstner, CEO perusahaan IBM dimana saat itu perusahaannya melakukan sistem operasionalnya memakai teknologi internet. 

Lou Gerstner mengatakan bahwa e-bisnis adalah aktifitas yang kaitannya langsung atau tidak langsung dengan cara pertukaran barang atau jasa dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi dan juga transaksi.

Steven Alter menjelaskan bahwa ebisnis yaitu praktik pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti dalam hal pengelolaan pasokan bahan baku, perancangan produk, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan service dengan memakai teknologi komunikasi dan data yang telah terkomputerisasi.

Dampak Positif dan Negatif ebisnis

Dampak Positif ebisnis

Saat ini banyak sekali perusahaan yang mulai menerapkan ebisnis. Tentu saja hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan melainkan karena telah mempertimbangkan beberapa hal termasuk dampak positifnya untuk perusahaan. Lalu, apa saja dampak positif ebisnis? Berikut ini informasinya. 

BACA JUGA:KUR BCA 2023 Dengan Plafon Hingga Rp 500 Juta Dibuka, Cek Syarat dan Cara Pengajuannya

1. Bisa meningkatkan pangsa pasar (market exposure)

Dampak positif yang pertama yaitu meningkatnya pangsa pasar atau market exposure. Perusahaan yang menerapkan ebisnis akan lebih mudah melakukan penetrasi pasar ke berbagai daerah yang baru dan menemukan calon konsumen baru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: