Tanda Tangani Piagam Kerja Sama, Tiga Partai Sepakat Anies Baswedan sebagai Bakal Capres 2024

Tanda Tangani Piagam Kerja Sama, Tiga Partai Sepakat Anies Baswedan sebagai Bakal Capres 2024

Tim kecil koalisi perubahan untuk persatuan (KPP) di Sekretariat Bersama, Jakarta Selatan-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY. ID-- Partai Nasional Demokrasi (NasDem), Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahterah (PKS) telah sepakat memilih Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024.

Kesepakatan itu juga tertulis dalam piagam kerja sama tiga partai politik yang telah ditandatangani oleh ketua umum Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS pada 14 Februari 2023.

"Jadi pertama bagaimana kesepakatan mencapreskan Mas Anies Baswedan itu sudah ditandatangani kami memilih waktu 14 Februari (2023) teman-teman, itu tahun sebelum pilpres dan pileg yang akan kita songsong 2024 nanti,” ujar Ketua DPP Partai Nasden Willy Aditya di Sekretariat Bersama Koalisi Perubahan, Jakarta Selatan, Jumat, 24 Maret 2023.

BACA JUGA:Dikritik 'Kepedean' Oleh NasDem dan PKS, Jubir Demokrat: Itu Kan Hanya Satu Atau Dua Kader Saja

Tidak hanya itu, dalam piagam kerja sama itu juga dijelaskan bahwa ketiga partai politik tersebut telah sepakat untuk membentuk koalisi perubahan untuk persatuan (KPP) yang mana bertujuan sebagai tanggung jawab untuk memastikan kesinambungan pembangunan bangsa.

“KPP menyongsong kesempatan ini dengan mengambil langkah pembaharuan berisikan perubahan dan pembaharuan,” imbuhnya.

Diketahui sebelumnya, masing-masing dari ketiga partai politik tersebut telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Bacapres yang diusungnya pada Pemilu 2024 nanti.

Adapun yang pertama kali menunjukkan Anies sebagai Bacapres 2024, yaitu Partai NasDem yang disebutkan langsung oleh Ketua Umumnya, Surya Paloh. 

BACA JUGA:Koalisi Perubahan Segera Deklarasi Dalam Waktu Dekat, Jubir Partai Demokrat: Strategi Memenangkan Anies Baswedan

Menurut Surya Paloh, sosok Anies adalah pemimpin yang terbaik dari pada tiga calon nama yang sebelumnya sempat diumumkan saat Rakernas Partai Nasdem.

“Yang dicari NasDem adalah yang terbaik dari pada yang terbaik inilah akhir Nasdem memilih seorang sosok Anies Baswedan," ujar Surya Paloh, Senin, 3 Oktober 2022.

Kemudian, disusul oleh PKS yang juga turut mendeklarasikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu pada 23 Februari 2023 lalu.

Presiden PKS, Akmad Syaikhu menjelaskan alasan PKS mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta itu karena Anies dianggap memiliki karakter yang nasionalis dan religius. 

“Saudara Anies Rasyid Baswedan adalah sosok pemimpin yang memiliki karakter nasionalis sekaligus religius," ujar Ahmad Syaikhu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: