Fenomena Langka Gerhana Matahari Hibrida 20 April 2023: Bisa Dilihat Total di Jalur Totalitas, Mana Saja?

Fenomena Langka Gerhana Matahari Hibrida 20 April 2023: Bisa Dilihat Total di Jalur Totalitas, Mana Saja?

Indonesia akan alami Gerhana Matahari Hibrida pada April 2023 -Gerhana Matahari-Pixabay/@TheDigitalArtist

JAKARTA, DISWAY.ID-- Fenomena langka nan menakjubkan Gerhana Matahari Hibrida bakal terjadi pada Kamis 20 April 2023.

Dalam fenomena alam itu, hampir seluruh wilayah Indonesia akan dapat mengamati gerhana matahari.

Namun bagi yang berada di jalur totalitas saja, Gerhana Matahari dapat dilihat secara total atau yang dikenal dengan istilah Gerhana Matahari Total (GMT).

BACA JUGA:Gerhana Matahari Hibrida Terjadi 20 April 2023, Terlihat di Sejumlah Wilayah Ini

Jalur totalitas yaitu jalur sempit yang memanjang membentang melewati Provinsi Maluku, Provinsi Papua Barat, dan Provinsi Papua.

Sedangkan pengamatan di luar jalur itu tetap bisa menikmatinya, namun dalam kondisi yang disebut Gerhana Matahari Sebagian (GMS) atau gerhana matahari parsial (sebagian).

Melansir situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi.

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya.

Setidaknya pada tahun 2023 ini akan terjadi beberapa kali gerhana matahari.

BACA JUGA:Ingin Bertemu Haji Haryanto? Rian Mahendra: Sedang Menempuh Jalan Hidup Masing-Masing

Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Johan Muhammad mengungkapkan gerhana matahari yang terjadi merupakan gerhana yang sangat spesial karena berupa gerhana matahari hibrid yang jarang terjadi.

Di wilayah Indonesia, gerhana Matahari ini akan teramati sebagai gerhana matahari total (GMT) pada wilayah Indonesia bagian timur, sementara di daerah Indonesia lainnya akan teramati sebagai gerhana matahari parsial.

Gerhana matahari ini akan teramati sebagai gerhana matahari cincin di wilayah selatan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Pada GMT 2023 ini lintasan bayangan inti (umbra) Bulan di permukaan Bumi akan melewati sebagian wilayah Indonesia bagian timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: