Ingat! Makanan Ini Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Ingat! Makanan Ini Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Penyebab Rasa Mual Setelah Berbuka Puasa---Freepik

Mengutip dari hellosehat.com, pedas-pedasan merupakan makanan yang harus dihindari saat puasa. Makanan pedas yang dikonsumsi saat buka puasa dapat menyebabkan sakit perut dan memicu heartburn di ulu hati.

Jika ingin tetap mengonsumsi makanan pedas saat buka puasa, pastikan isi perut terlebih dahulu dengan makanan lain seperti buah kurma.


Karyawan, Sevin, menata kemasan Kurma di Toko Lawang Agung Surabaya, Jawa Timur, Selasa (28/3/2023).-Julian Romadhon-Harian Disway

BACA JUGA:Cek Syarat Ajukan KUR BCA 2023, Siapkan KTP atau SIM!

Makanan lain yang perlu dihindari untuk buka puasa ialah makanan dalam kemasan.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Epidemiology and Community Health menyebutkan bahwa bahan kimia berbahaya dalam makanan kemasan bisa larut dalam makanan dan masuk ke tubuh.

"Apabila rutin mengonsumsi makanan kemasan saat puasa, maka bisa menyebabkan penumpukan bahan kimia dalam tubuh. Kondisi dapat menggangu hormon yang membahayakan kesehatan," tulis situs hellosehat.com.

Selainjutnya, makanan berat saat perut kosong ternyata bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan.

Gejala yang ditimbulkan seperti kembung, begah, dan sakit. Juga, makan berlebih saat buka puasa dapat menyebabkan mual hingga muntah.

Disebutkannya, cara buka puasa yang benar yaitu konsumsi takjil atau makanan pembuka yang ringan, seperti puding, kurma atau kolak pisang tanpa santan. Setelah itu, beri jeda sekitar 20 menit sebelum akhirnya mengonsumsi makanan berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: