Ingat! Makanan Ini Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Ingat! Makanan Ini Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Penyebab Rasa Mual Setelah Berbuka Puasa---Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID-- Buka puasa menjadi momen yang ditunggu-tunggu kaum muslim saat Magrib selama bulan Ramadhan.

Sebelum berbuka puasa biasanya sudah dihidangkan di meja makan banyak makanan, buah-buahan hingga minuman manis dan segar. 

Bagi banyak kalangan, di tengah menu yang dihidangkan itu terdapat gorengan. Aneka gorengan menjadi menu andalan untuk berbuka puasa.

BACA JUGA:Mesti Tahu, Ini Daftar Makanan yang Mesti Dihindari Saat Sahur

Tidak lengkap rasanya, jika berbuka puasa tanpa gorengan meski berbagai makanan dan buah-buahan dihidangkan.

Ironisnya, kebiasaan makan gorengan setelah seharian menjalankan puasa, ternyata dianggap suatu hal dapat mengganggu kesehatan. 

Oleh ahli kesehatan, gorengan merupakan salah satu hal yang justru perlu dihindari untuk berbuka puasa.

Dosen Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dr. Fatimah Masyhur menyebutkan bahwa gorengan dapat menyebabkan gangguan dalam proses pemompaan darah.

“Gorengan mengandung banyak tepung dengan kalori tinggi dan minyaknya tidak baik untuk tubuh," ungkap dr Fatimah Masyhur, dikutip dari laman malangkota.go.id.

Disebutkan dr Fatimah, makan gorengan memiliki dampak buruk bagi kesehatan. "Jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan memengaruhi sistem kerja tubuh kita, seperti kardiovaskuler atau pemompaan darah,” katanya.

BACA JUGA:Harapan Nova Arianto Setelah Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Fatimah juga menekankan pentingnya menghindari makanan yang mengandung gula berlebih, kandungan lemak yang tinggi atau jenuh, serta makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi.

Saat berbuka puasa, menurutnya, menu yang seimbang dan mengandung cukup protein nabati dan hewani, sayur, buah, serta air putih sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Ada banyak jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat buka puasa selain gorengan yang telah disebutkan di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: