Mesti Tahu, Ini Daftar Makanan yang Mesti Dihindari Saat Sahur

Mesti Tahu, Ini Daftar Makanan yang Mesti Dihindari Saat Sahur

Ilustrasi menu makanan saat sahur-Freepik.com-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menu santap sahur yang tepat tentunya menjadi salah satu faktor pendukung  agar tubuh tetap kuat dan fit saat menjalani ibadah puasa Ramadan.

Ternyata jika salah dalam memilih jenis makanan saat sahur, ini dapat berdampak Kesehatan tubuh, khususnya bagian lambung dan bisa menghambat pada jalannya puasa. 

BACA JUGA:ISESS Tak Yakin Nama Evi Celiyanti Istri Kabareskrim Komjen Agus Andrianto Dicatut Perusahaan Haji Isam

Berbagai masalah kesehatan dapat terjadi, misalnya masalah gangguan pencernaan dan sebagainya. 

Jadi, diharapkan sebisa mungkin hindarilah beberapa jenis makanan berikut ini saat sahur, seperti dikutip dari laman halodoc:

1. Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak dapat berpengaruh pada pencernaan yang setidaknya menimbulkan dua masalah. Pertama, makanan tinggi lemak akan menghambat dan memperlambatnya proses pengosongan perut, sehingga akan memperburuk gejala sembelit. 

Kemudian, makanan jenis ini dapat mempercepat kinerja sistem pencernaan yang justru menyebabkan diarea. 

BACA JUGA:Harapan Nova Arianto Setelah Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Dampak dari makanan berlemak tinggi tergantung pada jenis lemak apa yang kamu makan dan kecenderungan reaksi tubuh terhadap makanan tinggi lemak. 

Itulah sebabnya sebaiknya kamu perlu menghindari jenis makanan yang berlemak tinggi saat sahur. Ini supaya tubuh terhindar dari gangguan konstipasi ataupun diare selama berpuasa. 

2. Makanan Terlalu Pedas

Perlu kamu ketahui bahwa makanan pedas dapat memicu rasa haus secara terus-menerus. Itulah sebabnya makanan terlalu pedas tidak cocok dimakan saat sahur. 

Di samping itu, bagi kamu yang memiliki gangguan maag sebaiknya menghindari makanan pedas selama bulan puasa. Karena itu dapat menjadi pemicu meningkatnya asam lambung dan berpotensi menyebabkan nyeri perut di bagian atas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: