Mesti Waspada Sejak Sekarang, Pentingnya Keamanan Digital Demi Cegah Kejahatan Siber

Mesti Waspada Sejak Sekarang, Pentingnya Keamanan Digital Demi Cegah Kejahatan Siber

ilustrasi keamanan digital-Freepik.com-

BACA JUGA: Ciri-ciri Peserta Lolos Kartu Prakerja Gelombang 50 Dapat Rp 4,2 Juta, Buruan Cek Pengumuman

“Upaya bersama dalam memperkuat literasi digital perlu ditingkatkan,” kata Airlangga.

Niagahoster menjadi salah satu pihak yang aktif memberikan edukasi masyarakat dalam menjaga keamanan digital lewat artikel blog, video Youtube, dan event webinar yang diadakan secara gratis bagi semua orang yang ingin bergabung dan meningkatkan awareness.

Meningkatkan Keamanan Digital pada Akun dan Device

Di antara berbagai jenis cyber crime, phising adalah jenis yang paling banyak menyerang individu hingga bisnis kecil dan menengah. 

Bahkan, 57 persen perusahaan sudah terkena malware ini. Masyarakat Indonesia yang masih rentan terhadap serangan digital pun perlu meningkatkan keamanan pada akun dan device. 

BACA JUGA:Polri Ingatkan Jajarannya Agar Tidak Pamer Gaya Hidup Mewah : Ada Sanksi Bagi yang Melanggar

Niagahoster menghimpun beberapa hal yang harus diperhatikan untuk meningkatkan keamanan digital. 

Antara lain adalah dengan membuat password yang kuat dan unik untuk setiap akun yang dimiliki dan menggantinya secara berkala, kemudian menambah proses verifikasi ganda untuk mengakses sebuah akun dengan mengaktifkan autentikasi dua faktor. 

Untuk melindungi perangkat, pastikan device dilengkapi dengan antivirus, dan tidak sembarangan menggunakan koneksi internet atau wi-fi publik. 

BACA JUGA:Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Jazilul Fawaid: Biasa Erick Thohir Canggih, Tapi Kali Ini Hilang Kecanggihannya

Selain itu, juga penting untuk selalu memperbarui perangkat lunak secara rutin agar perangkat tidak memiliki celah yang bisa ditembus oleh para penjahat cyber. 

Bagi pemilik website personal maupun website bisnis, amat penting pula untuk memasang protokol keamanan SSL pada website untuk mengamankan segala transfer informasi yang terjadi. 

Tentunya memilih layanan hosting yang memiliki fitur keamanan terbaik seperti Niagahoster, juga menjadi alternatif yang bisa dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: