4 Tips Puasa Ramadan Lebih Sehat, Bisa Juga Jadi Patokan Diet Nih

4 Tips Puasa Ramadan Lebih Sehat, Bisa Juga Jadi Patokan Diet Nih

Tips Sehat Puasa Ramadan---Freepik

2. Jangan makan berlebihan saat buka puasa (makan malam)

Sama seperti tidak dianjurkan untuk melewatkan sahur (makan sahur), makan berlebihan saat berbuka puasa dapat membahayakan tubuh Anda.

Buka puasa (makan malam) harus menjadi makanan yang seimbang, bergizi dan bukan pesta. Makan berlebihan dan konsumsi makanan berlemak tinggi khususnya dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan penambahan berat badan. Pelan-pelan dan nikmati setiap suapan makanan Anda.

3. Hindari makan gorengan, makanan asin dan makanan tinggi gula

Ada godaan saat puasa ingin menghadiahi diri sendiri dengan hidangan kaya, berminyak, gorengan, dan manis saat makan tiba. Meskipun makanan ini membuat Anda merasa nyaman dalam jangka pendek, makanan ini dapat membuat puasa menjadi lebih sulit.

BACA JUGA:Awas Lho! Aktivitas Ini Justru Buat Berat Badan Makin Naik Meski Berpuasa

Selain kenaikan berat badan yang tidak sehat, mengonsumsi makanan berlemak dan bergula juga dapat menyebabkan kelesuan dan kelelahan. Selain itu, Anda harus membatasi asupan garam, terutama saat sahur (makan sahur) karena dapat meningkatkan rasa haus.

Sebagai gantinya, cobalah memasukkan makanan dari semua kelompok makanan utama termasuk buah dan sayuran, nasi dan alternatifnya, serta daging dan alternatifnya. Mengonsumsi makanan kaya serat juga ideal karena dicerna lebih lambat dibandingkan makanan olahan sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Minumlah air mineral sebanyak mungkin

Minum air sebanyak mungkin antara Iftar (makan malam) dan Sahur (makan sahur) mengurangi risiko dehidrasi selama berpuasa.

Usahakan untuk minum setidaknya 8 gelas cairan setiap hari sebelum fajar dan setelah matahari terbenam. Air adalah pilihan terbaik. Idealnya, Anda juga harus mengurangi minuman berkafein karena memiliki efek diuretik dan meningkatkan kehilangan cairan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: