Tanda-tanda Alam saat Lailatul Qadar, Ini Doa yang Dianjurkan Rasulullah

Tanda-tanda Alam saat Lailatul Qadar, Ini Doa yang Dianjurkan Rasulullah

Terdapat keistimewaan di malam Lailatul Qadar-Abuzar Xheikh-Unsplash

JAKARTA, DISWAY.ID - Lailatul Qadar merupakan hal yang sangat diharapkan kaum Muslimin saat berada di bulan Ramadhan.

Pasalnya beribadah pada Lailatul Qadar lebih baik dibandingkan seribu bulan. 

Namun, Allah SWT merahasiakan kapan malam Qadar dari umat manusia, jadi hanya orang-orang terpilih. Termasuk orang istimewa itu adalah hamba pilihan yaitu Nabi Muhammad SAW

Begitu istimewanya sehingga para sahabat sangat mengidam-idamkan malam qadar dan memberanikan diri bertanya kepada Rasulullah.

BACA JUGA:Doa Malam Lailatul Qadar dan Artinya Lengkap, Berikut Prediksi Datangnya

فقد سئل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن علاملت ليلة القدر فقال هي ليلة بلجة اي مشرقة نيرة لاحارة ولا باردة ولاسحاب فيها ولامطر ولاريح ولايرمى فيها بنجم ولاتطلع الشمس صبيحتها مشعشة

Artinya: Rasulullah SAW pernah ditanya tentang tanda-tanda lailatul qadar, maka beliau bersabda: Yaitu malam yang terang dan bercahaya, udaranya tidak panas dan tidak dingin, tidak ada mendung tidak ada hujan, tidak ada gerak angin dan tidak ada bintang yang dilempar. Paginya matahari terbit dengan terang tapi tidak terlalu memancar.

Meskipun menjadi manusia pilihan yang sudah dijamin oleh Allah kemuliaannya, Rasulullah tetap berusaha mendapatkan lailatul qadar setiap bulan Ramadhan dengan melakukan ibadah malam. Entah itu shalat, membaca Al-Qur’an, beristighfar, juga berzdikir dan berdoa.

Hal ini dibuktikan sendiri oleh Aisyah dan disampaikan melalui haditsnya:

 

 كان رسول الله صلى الله عليه وسلم اذا دخل العشر احيا الليل وايقظ اهله وشد المئزر

Artinya: Apabila Rasulullah SAW memasuki malam sepuluh terkahir bulan Ramadhan, beliau beribadah dengan sungguh-sungguh serta membangunkan anggota keluarganya.

 

 يا رسول الله اذا وفيت ليلة القدر فبم ادعوا؟ قال قولى "اللهم انك عفو تحب العفو فاعف عنى

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: