Gus Baha Beberkan Kunci Meraih Lailatul Qadar: Tanda-Tandanya Malah Kok Kalian Cari?

Gus Baha Beberkan Kunci Meraih Lailatul Qadar: Tanda-Tandanya Malah Kok Kalian Cari?

Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Bahauddin Nursalim-Gus Baha menjelaskan kunci mendapatkan Lailatul Qadar-NU Online

JAKARTA, DISWAY.ID – Sepuluh terakhir Ramadan mendorong umat Islam berlomba menanam kebaikan dan memperbanyak ibadah.

Apalagi momentum ini menjadi kunci mendapat Lailatul Qadar.

Bagaimana tandanya kita mendapat Lailatul Qadar?

BACA JUGA:Kenapa Umat Muslim dan Non-muslim Susah Berdialog? Gus Baha: Orang Tak Bertuhan Itu Ngeri!

Menurut Gus Baha selalu Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Bahauddin Nursalim, bahwa umat Islam punya potensi cukup besar untuk menggapai Lailatul Qadar di bulan Ramadan.

Yang dibutuhkan adalah sikap istiqomah dalam melaksanakan puasa, berjamaah salat Isya dan salat sunnah Tarawih.

BACA JUGA:Kencang Sholat Tahajud Tapi Hidup Masih Gini-gini Aja, Gus Baha: Orang Kok Bodohnya Bukan Main!

"Asal puasa, asal selalu berjamaah shalat Isya, shalat Tarawih itu dapat Lailatul Qadar," kata Gus Baha lewat Youtube Santri Gayeng, dikutip dari NU Online.

Gus Baha menegaskan, kepastian akan mendapati Lailatul Qadar tidak selalu diukur dari tanda-tandanya sebagaimana yang sudah familiar di kalangan masyarakat, seperti pancaran sinar matahari tidak terik di siang hari.

Orang yang tidak melihat dan merasakan tanda-tanda datangnya Lailatul Qadar, bukan berarti tidak bisa menemui Lailatul Qadar.

BACA JUGA:Penjelasan Gus Baha soal Hukum Sholat Tahajud, Dhuha, dan Witir Boleh Berjamaah atau Tidak

"Tidak perlu membayangkan dan menandai siangnya matahari tidak terik. Aneh-aneh saja. Cuma alamatnya atau tanda-tandanya seperti itu. Lha terhadap alamat itu tidak perlu tahu. Malah kok kalian cari," jelas Gus Baha.

Dalam hadits Nabi Muhammad dijelaskan bahwa setiap orang Islam yang melaksanakan puasa Ramadhan karena iman kepada Allah dan mengharapkan pahala hanya dari-Nya, maka ia akan mendapatkan Lailatul Qadar.

Menurut Gus Baha hadits ini yang mestinya menjadi patokan, bukan sibuk mencari tanda-tandanya.

BACA JUGA:Gus Baha Ungkap Keutamaan Ramadhan, Ternyata Puasa Membuat Orang Lebih Kuat

"Wong Nabi Muhammad dawuh tidak demikian. Yang penting, man shoma ramadhana imanan wahtisaban, ya dapat Lailatul Qadar," ungkapnya.

Hadits tersebut secara tidak langsung ingin memberi tahu bahwa barang siapa yang pada saat malam Lailatul Qadar pergi melaksanakan shalat sunnah Tarawih, tidak punya rasa dengki, hatinya tulus semata ingin mencari ridha Allah swt, maka ia akan dapat Lailatul Qadar.

Lebih mudah lagi bila mengacu pada pernyataan Sayyidina Utsman. Salah satu khalifah atau Amirul Mukminin itu mengatakan, bahwa orang yang melaksanakan shalat Isya berjamaah, setara dengan shalat sunnah sepanjang malam.

BACA JUGA:Gus Baha Ungkap Keutamaan Ramadhan, Ternyata Puasa Membuat Orang Lebih Kuat

 "Tidak perlu shalat Tahajud tidak perlu shalat Witir. Pahalanya setara dengan itu semua. Tidak perlu kebanyakan shalat. Biasa saja. Justru dengan bersikap biasa itu meyakini akan ampunan Allah swt," terangnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an LP3IA, Rembang, Jawa Tengah itu juga menerangkan, banyak ulama yang meyakini bahwa Lailatul Qadar pasti didapati oleh setiap Muslim yang berpuasa, tidak fasik, dan selalu berjamaah shalat Isya.

"Orang yang memiliki kebiasaan seperti itu, maka ia dianggap mendapatkan Lailatul Qadar," jelas Gus Baha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nu online