Cara Menghitung IPS Untuk Mengetahui Prestasi Saat Jalani Kuliah

Cara Menghitung IPS Untuk Mengetahui Prestasi Saat Jalani Kuliah

IPS adalah singkatan Indeks Prestasi Semester Mahasiswa yang diterima setiap satu smester sekali, di mana IPS merupakan salah satu ukuran keberhasilan akademis seorang mahasiswa di setiap semester. -freepik-

JAKARTA, DISWAY.ID – IPS adalah singkatan Indeks Prestasi Semester Mahasiswa yang diterima setiap satu smester sekali, di mana IPS merupakan salah satu ukuran keberhasilan akademis seorang mahasiswa di setiap semester. 

Sedangkan IPS ini dikeluarkan sebagai petunjuk sejauh mana prestasi yang dipenuhi oleh mahasiswa, dengan kata lain IPS adalah nilai yang sama atau raport ketika yang kita menjadi pelajar setingkat SD, SMP, dan SMA.

Cara menghitung IPS cukuplah mudah, di mana ada rumusan shingga kita bisa dengan mudah mempelajari Cara menghitung IPS tersebut, di mana IPS dihitung berdasarkan rata-rata dari nilai yang diperoleh mahasiswa pada setiap mata kuliah yang diambilnya selama satu semester.

Dengan mengetahui cara menghitung IPS maka kita akan mengetahui seberapa tingkat prestasi setelah mengikuti kuliah setiap semesternya.

BACA JUGA:Egy Maulana Vikri Akui Kekuatan Lawannya Jelang Dewa United Vs Persija Jakarta: Bukan Lawan yang Mudah

BACA JUGA:Cara Menggunakan Dasi Biar Tampil Lebih Elegan

IPS dan IPK menjadi salah satu ketentuan yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa yang ada di Perguruan Tinggi, baik untuk PTN dan PTS selalu ada nilai IP dan IPK

Sedangkan IPK merupakan singkatan daripada Indeks Prestasi Komulatif yang diterima mahasiswa setiap satu semester juga, bedanya IPK ini adalah nilai akhir atau akumalasi akhir yang menjadi dasar serta tolak ukur nilai dalam kelulusan.

Meskipun kita telah mengetahui cara menghitung IPS dan IPK, namun terdapat perbedaan IPS dan IPK, di mana IPS diterima mahasiswa dalam nilai persemesternya akan tetapi jika IPK diterima mahasiswa dalam akumulasinya.

Misalnya saja begini, salah satu mahasiswa pada smester 1 mendapatkan IPS 3,40 dan semester 2 mendapatkan IPS sebesar 3,50 maka IPK anda dalam satu semester tersebut adalah 3,45.

BACA JUGA:Cara Menyadap HP Istri, Mulai Aplikasi Hingga Manfaatkan Akun Google

BACA JUGA:Luis Milla Bocorkan Target Persita Vs Persib Bandung, Singgung Target Klasemen!

Setelah kita mengetahui cara menghitung IPS dan IPK, kita juga harus mengetahui bahka IP sendiri ada batasannya yaitu 4.00 atau terbaik dan itupun semua mata pelajaran dalam satu perkuliahan satu semeternilainya mendapatkan predikat A.

Sedangkan batas minimum IPK adalah 0,00 yang artinya semua nilai perkulaiah yang diterima mendpatka nilai E semua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait