Begini Strategi Polri Untuk Atasi Kepadatan Mudik 2023

Begini Strategi Polri Untuk Atasi Kepadatan Mudik 2023

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho menjelaskan nantinya pihak yang terlibat dalam operasi Operasi Lilin juga akan melakukan pengamanan gereja saat natal hingga tempat-tempat wisata.-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Polri sebut siapkan strategi mengatur kepadatan lalu lintas ketika mudik lebaran Idul Fitri 2023.

Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho mengatakan sala satu strateginya dengan menyiapkan alat pengkur jumlah kendaraan yang lewat.

BACA JUGA:Begini Cara Daftar Pemilihan Abang None Jakarta 2023, Ingat Ada Batas Umurnya

Menurutnya, dengan diketahui jumlah kepadatan kendaraan petugas dapat melakukan pengaturan lalu lintas sesuai yang direncanakan.

"Saat ini kita sudah bekerjasama juga dengan Jasa Marga bahwa setiap pintu tol itu sudah ada alat pengukur jumlah kendaraan yang lewat," katanya kepada awak media, Rabu 12 April 2023.

BACA JUGA:Kemenangan Manis Timnas Indonesia U14 Setelah Libas Swedia

"Jadi kita sudah menerapkan nanti strategi utk pengaturan lalu lintasnya di jalan lintas utara, lintas tengah, dan selatan tadi ada penumpukan itu akan diukur mulai dari jalan tol," tambahnya.

Diungkapkannya, melalui alat ukur kendaraan tersebut petugas dapat mengetahui jumlah kendaraan yang melintas.

BACA JUGA:Polisi Tangkap Pelaku Penikaman di Kebayoran Baru

Sehingga petugas bisa langsung mengambil tindakan lanjutan pada saat jumlah kendaraan  sudah melewati batas.

Misalnya, jika di jalan tol sudah melewati 5.500 kendaraan maka akan diterapkan contraflow satu jalur. Kemudian kalau sudah melewati 6.000 kendaraan akan di cotraflow dua jalur, lalu jika sudah 7.000 kendaraan ke atas maka akan cotraflow untuk tiga jalur.

BACA JUGA:Resep Akar Kelapa, Kue Khas Betawi yang Wajib Ada Saat Lebaran, Cara Buatnya Mudah Banget!

"Bahkan bila ternyata kepadatan sangat padat maka bisa diarahkan mengalihkan arus ataupun dengan rekayasa lalu lintas lainnya," terangnya.

Dijelaskannya, mengenai pengaturan lalu lintas jalan tol juga harus diikuti dengan pengaturan di jalan arteri lainnya.

BACA JUGA:Pengadilan Tinggi DKI Tegaskan Motif Pembunuhan Brigadir J Tak Wajib Dibuktikan

Lantaran, jika jalan-jalan antrean juga mengalami kemacet maka akan berpengaruh ke jalur berikutnya. Maka aturan di jalan arteri pun sudah disiapkan, mulai penyiapan untuk sarana dan pra sarana.

Kemudian kelancaran lalu lintas sudah dilaksanakan dan dicek berkali-kali, mulai dari sebelum puasa sudah dilakukan pengecekan jalur, penyebarangan, juga tempat-tempat peristirahatan atau rest area.

BACA JUGA:Kompak dengan Jokowi, Wapres Maruf Amin Bereaksi Soal Tak Gelar Open House Lebaran 2023

"Dan mana jalan-jalan yang belum bisa dilalui dan sudah dilalui dan 99 persen sampai dengan hari H nanti menjelang mudik lebaran daerah Brebes saja itu yang jadi permasalahan. Tetapi daerah lainnya sudah bisa dikebut untuk bisa melaksanakan jalur mudik sudah bisa dilalui oleh masyarakat." tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: