Jokowi Bertemu Kanselir Jerman Olaf Scholz, Bahas Hubungan Ekonomi dan Investasi

Jokowi Bertemu Kanselir Jerman Olaf Scholz, Bahas Hubungan Ekonomi dan Investasi

Presiden Jokowi diterima oleh Kanselir Jerman Olaf Scholz di Guesthouse Lower Saxony, Hannover, Jerman.-BPMI Setpres-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kenegaraan ke Jerman, Minggu 16 April 2023.

Tiba sekitar pukul 19.30 waktu setempat (WS) atau 00.30 WIB, Senin 17 April 2023, Jokowi disambut oleh Kanselir Jerman Olaf Scholz di Guesthouse Lower Saxony, Hannover, Jerman.

Kanselir Jerman Olaf Scholz saat menyambut Jokowi didampingi Presiden Menteri Negara Bagian Lower Saxony Stephan Weil.

BACA JUGA:Menpora Dito Ariotedjo Ungkap Keinginan Jokowi, Ada Pencarian Bakat Pemain Sepak Bola Usia Dini

Sesampai di Guesthouse Lower Saxony, Jokowi bersama Kanselir dan PM Negara Bagian Lowe Saxony melaksanakan foto bersama.

Selanjutnya, kedua pemimpin tersebut menuju lantai satu untuk melaksanakan pertemuan tatap muka.

Usai melaksanakan pertemuan tatap muka, Jokowi dan Kanselir Scholz kemudian turun ke arah ruang makan dan terlihat Presiden Jokowi ditemani Kanselir berbuka puasa dengan menyantap buah kurma.

Kegiatan kemudian berlanjut dengan jamuan makan malam.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dalam keterangan persnya menjelaskan bahwa saat berbincang dalam pertemuan bersama Kanselir Jerman, Presiden Jokowi menekankan pentingnya mewujudkan hubungan ekonomi yang setara antara Indonesia-Jerman dan Indonesia-Uni Eropa.

“Untuk itu berbagai regulasi Uni Eropa yang menghambat kesejahteraan perlu dibenahi. Bapak Presiden juga meminta dukungan jerman agar perundingan perjanjian Indonesia-EU CEPA dapat segera dituntaskan,” jelas Menlu.

Dalam hal investasi, Menlu menyebut bahwa Presiden menyambut secara baik kolaborasi komite bersama ekonomi dan investasi Indonesia-Jerman. Selain itu Presiden menilai investasi Jerman di Indonesia perlu difokuskan pada sektor prioritas.

BACA JUGA:APBN Diminta Buat Jaminan Utang Kereta Cepat, DPR Ingatkan Pemerintah Tegas

“Investasi jerman di indonesia perlu difokuskan pada sektor prioritas seperti industri yang berorientasi ekspor, energi terbarukan, dan hilirisasi,” ucap Menlu.

Menurut Menlu, Kepala Negara menekankan pentingnya investasi dan ahli teknologi Jerman guna mendukung transisi energi di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: