Kapolri: Mulai Ada Peningkatan Arus Mudik 30 Persen ke Arah Timur

Kapolri: Mulai Ada Peningkatan Arus Mudik 30 Persen ke Arah Timur

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo-Dok Humas Polri-

JAKARTA, DISWAY.ID - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Probowo mengatakan mulai ada peningkatan arus mudik sekitar 30 persen kendaraan ke arah timur atau meninggalkan Jakarta pada Selasa, 18 April 2023 pagi. 

"Jadi kalau kita pantau dalam beberapa hari terakhir memang mulai ada eskalasi peningkatan dan hari ini kurang lebih meningkat 30 persen per tadi pagi untuk yang ke arah timur," kata Listyo kepada wartawan, Senin, 18 April 2023.

"Kemudian yang ke arah penyeberangan kurang lebih 20 persen," sambungnya.

BACA JUGA:KAI Siapkan Ratusan KRL di Masa Mudik Lebaran 2023

Lebih lanjut, Listyo memperkirakan puncak arus lalu lintas akan terjadi pada dua atau tiga hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

"Diperkirakan karena memang hari ini hari terakhir orang masuk kerja, ada kemungkinan nanti malam eskalasinya akan terlihat ada lonjakan dan kita perkirakan puncak arus balik di H-2, H-3," katanya.

Dalam rangka mengantisipasi kepadatan dan kemacetan selama momentum mudik Lebaran, ia lantas memastikan pihaknya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

BACA JUGA: Antisipasi Antrean Pengunjung, Kebun Binatang Ragunan Buka Pembelian Tiket Online

Listyo menyebut beberapa skema lalu lintas itu diantaranya contraflow, one way hingga ganjil genap. 

"Nanti di satu sisi ini kemudian juga tidak membuat jalur-jalur lain yang berada di arteri tidak terlalu terganggu karena ada kegiatan rekayasa," ujar Listyo. 

Jenderal bintang empat itu mengatakan nantinya skema tersebut akan dievaluasi setiap hari. 

"Sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik, baik yang ada di jalur tol, yang akan masuk ke tol, yang akan keluar atau yang akan masuk ke arteri," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: