Tips Aman Jaga Rahasia Saat Transaksi Digital

Tips Aman Jaga Rahasia Saat Transaksi Digital

Ilustrasi hacker-Freepik-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Di era digital saat ini, pembayaran pun mulai marak menggunakan uang digital, gak kecuali uang Tunjangan Hari Raya (THR) pada lebaran Idul Fitri 1444H ini juga banyak menggunakannya.

Meskipun lebih simpel dan mudah, penggunaan uang atau transaksi digital juga perlu kewaspadaan.

BACA JUGA:PKB Lepas Ribuan Pemudik, Cak Imin Minta Doa Menang Pemilu 2024

Terus lindungi kerahasiaan data pribadi supaya tidak disalahgunakan orang lain dengan meningkatkan proteksi terhadap akun dan informasi data pribadi kamu.

Berikut tips aman Jaga Rahasia Pribadi yang dilansir dari keterangan resmi Gojek:

1. Jangan bagi data pribadi

Apa sih yang termasuk data pribadi? Identitas seperti KTP, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir kamu, no telepon, nama ibu kandung, dan lain sebagainya. Kamu bisa dirugikan jika data-data ini jatuh ke tangan orang jahat!

BACA JUGA:Reaksi YG Entertainment Terkait Isu Kedekatan Rose BLACKPINK dan Kang Dong Won: 'Masalah Pribadi Artis'

2. Amankan Kode Rahasia (password, PIN, OTP)

Ingat,kata sandi / password untuk akun email ataupun medsos, PIN untuk transaksi keuangan, ataupun kode OTP yang dikirimkan ke kamu TIDAK BOLEH kamu bagikan kepada orang lain! Termasuk saat posting di sosial media!

Ngaku deh kalau diantara kalian ada yang menggunakan satu kata sandi untuk semua akun, atau bahkan sudah tahunan tidak mengganti kata sandi. 

BACA JUGA:Dirawat, Yudo Andreawan Disebut Kembali Ngamuk-ngamuk

Tapi sebenarnya sangat penting untuk rajin-rajin mengubah kata sandi kamu, semakin rumit semakin baik, apalagi di era digital seperti ini! Tips memilih kata sandi yang sulit ditebak dan ditiru:

Gunakan minimal 8 karakter dengan minimal 1 alfabet huruf besar, 1 alfabet huruf kecil, 1 karakter numerik dan 1 karakter khusus / simbol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: