MA Arab Saudi Ajak Umat Muslim Sepakati Hari Raya Idul Fitri 2023 Pada 20 April 2023

MA Arab Saudi Ajak Umat Muslim Sepakati Hari Raya Idul Fitri 2023 Pada 20 April 2023

Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi meminta umat Muslim di sana ikut memantau hilal untuk menentukan hari raya Idul Fitri 2023-Sahirol Laeli-

ARAB SAUDI, DISWAY.ID -- Mahkamah Agung Kerajaan ARAB SAUDI meminta umat Muslim di sana untuk melihat hilal dan menyepakati hari raya Idul Fitri 1444 H pada Kamis, 20 April 2023.

Dalam keterangan yang dilaporkan Al Arabiya, dikutip Rabu 19 April 2023, Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi untuk memantau atau merukyat hilal.

Tentu saja, Ahli Astronomi Kerajaan Arab Saudi juga akan melakukan penelitian untuk menentukan Idul Fitri 2023.

BACA JUGA:Ini 3 Ide Minuman Sehat Bisa Dihidangkan saat Lebaran, Yuk Buruan Coba

Seperti yang diberitakan Disway.id sebelumnya, Ahli Astronomi Uni Emirat Arab (UEA) telah memprediksi bahwa hilal akan terlihat pada Kamis 20 April 2023.

Jika terbukti benar, maka 1 Syawal 1444 Hijriyah di sebagian besar negara Timur Tengah, seperti Arab Saudi, UEA, Qatar hingga Kuwait akan berlebaran pada Jumat 21 April 2023.

Oleh karena itu, Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi pun akan menggelar tradisi dan meminta umat Muslim di sana untuk melihat hilal.

Apabila warga muslim di Arab Saudi dapat melihat hilal dengan mata telanjang atau dengan teropong, agar melapor ke pengadilan terdekat.

BACA JUGA:Bikin Tenang Pengguna Kendaraan Listrik, Jumlah SPKLU Terus Bertambah di Jalur Mudik

Hal tersebut guna untuk mendaftarkan kesaksian warga muslim di Arab Saudi yang melihat hilal secara langsung.

"Mahkamah Agung meminta siapa pun yang melihat bulan sabit dengan mata telanjang atau melalui teropong untuk melapor ke pengadilan terdekat dan mendaftarkan kesaksian mereka," demikian seruan MA Arab Saudi seperti dilansir Al Arabiya dari Saudi Press Agency, Rabu 19 April 2023.

Selain itu MA Kerajaan Arab Saudi juga berharap, bagi yang melihat hilal dapat bergabung dengan komite hingga dapat menyampaikan manfaat bagi umat Islam.

BACA JUGA:Bukan Tidak Bisa Digunakan, Tapi Jalan Layang MBZ Berlakukan Buka Tutup

"Mahkamah Agung berharap mereka yang mampu melihat bulan sabit akan bergabung dengan komite yang dibentuk untuk tujuan itu di berbagai daerah dan berpartisipasi dalam upaya yang bermanfaat bagi umat Islam," tambah laporan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: