Evakuasi 557 WNI dari Sudan Gunakan Kapal MV Amanah Kerajaan Arab Saudi

Evakuasi 557 WNI dari Sudan Gunakan Kapal MV Amanah Kerajaan Arab Saudi

Evakuasi WNI menggunakan Kapal MV Amanah.-Kemenlu-

JEDDAH, DISWAY.ID-- Evakuasi terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) dari Sudan berhasil dilakukan Pemerintah RI atas dukungan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.  

Sebanyak 557 WNI selamat tiba di Jeddah dalam evakuasi gelombang pertama dari Sudan tersebut.

Evakuasi dari Port Sudan menggunakan Kapal MV Amanah yang disediakan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. 

BACA JUGA:538 WNI Berhasil Dievakuasi dari Sudan ke Jeddah, Sebagian Besar Mahasiswa

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Dr Abdul Aziz Ahmad, didampingi Konsul Jenderal RI Jeddah, Eko Hartono beserta Tim KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah pada hari ini Rabu 26 April 2023, sekitar pukul 09.00 waktu setempat telah menyambut kedatangan 557 WNI yang dievakuasi.

Evakuasi gelombang pertama WNI Sudan ini terdiri dari 322 WNI laki-laki, 199 perempuan, dan 36 anak-anak.

Para WNI saat dievakuasi diberangkatkan dari Port Sudan sehari sebelumnya dan memasuki wilayah Arab Saudi melalui Pelabuhan Militer King Faisal Jeddah.

Sesuai arahan pimpinan Pemerintah RI, dan sejalan dengan memburuknya kondisi di Sudan akibat konflik bersenjata, KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah telah diperintahkan melakukan berbagai persiapan evakuasi WNI di Sudan yang mayoritas adalah para mahasiswa, selain pekerja dan keluarganya dan staf KBRI di Khartoum, Sudan.

BACA JUGA:557 WNI Dievakuasi ke Jeddah, Menlu: Sebagian Memilih Tetap Tinggal di Sudan

Begitu kapal bersandar, WNI evakuasi Sudan tampak lega dan bahagia sambil mengibar-ngibarkan bendera merah putih di atas kapal.

Abdul Aziz Ahmad menyambut kehadiran WNI di Pelabuhan Militer Jeddah setelah menunggu sejak dini hari di Pelabuhan Militer King Faisal Jeddah.

“Selamat datang di Arab Saudi!" Dubes Aziz menyalami sambil memberikan bunga kepada ratusan WNI yang turun dari kapal MV Amanah.

“Pelindungan WNI merupakan prioritas bagi Pemerintah dan Perwakilan RI di Luar Negeri. Kami berterima kasih kepada Kerajaan Arab Saudi yang telah memfasilitasi evakuasi WNI dari Sudan. Ini merupakan bukti hubungan dan kerja sama yang sangat baik antara Indonesia-Arab Saudi," ujar Dubes Aziz kepada media yang meliput di Pelabuhan Militer King Faisal Jeddah.

BACA JUGA:Rian Mahendra Isyaratkan Bisnis Bus Makin Panas Hingga Kerahkan Pramugari, Sopir PO Haryanto Ngeblong Jadi Sorotan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: