Komjen Fadil Imran Beberkan Soal Pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Komjen Fadil Imran Beberkan Soal Pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Ribuan anggota Polri dikerahkan dalam Operasi Mantap Brata untuk amankan Pemilu 2024 mendatang yang dipimpin oleh Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran.-Dok. Humas Polri-

JAKARTA, DISWAY.ID-Sebanyak 2.627 personel dikerahkan untuk mengamankan serta menjaga kegiatan internasional Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran mengungkapkan, satuan yang dilibatkan dalam pengamanan KTT ASEAN ini terdiri dari unsur Mabes Polri, dan unsur Polda NTT.

Ia menjelaskan, nantinya akan ada delapan satuan tugas (satgas) yang akan bekerja dalam Operasi Komodo 2023.

BACA JUGA:Dukung KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Wuling Air ev Siap Serahkan 50 Unit Mobil Listrik

BACA JUGA:Pengamanan KTT ASEAN 2023, Tiga Kapal Perang RI Angkut Prajurit TNI dan Alutsista Menuju Labuan Bajo

“2.627 personel yang terdiri dari unsur Mabes Polri dan unsur Polda NTT, mulai dari satgas preemtif sampai dengan satgas perbantuan,” kata Fadil dalam keteranganya, Rabu, 3 Mei 2023.

Ia merinci delapan satgas itu adalah Satgas Preemtif, Preventif, Walrolakir, Tindak, Gakkum, Anti Teror, Humas, dan Banops. Kedelapan satgas itu akan dipimpin jenderal bintang satu.

Adapun Satgas Preemtif akan dipimpin oleh Dirkamsus Baintelkam, Satgas Preventif oleh Dirsabhara Baharkam Polri, Satgas Walrolakir dipimpin Dirgakkum Korlantas.

Selanjutnya Satgas Tindak dipimpin Danpas II Korbrimob, Satgas Gakkum dipimpin oleh Dirsiber Bareskrim, dan Satgas Anti Teror dipimpin langsung Dirtindak Densus 88 Antiteror.

“Satgas Humas dipimpin Karopenmas Divisi Humas dan Satgas Banops dipimpin Karo Tekkom Div TIK Polri,” ucap Fadil.

BACA JUGA:Pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Polri Kerahkan 2600 Personel

Jenderal bintang tiga itu mengatakan pengamanan akan dilakukan dengan dua tahap. Pertama yakni pengamanan side event dan main event mulai dari tanggal 6 hingga 13 Mei 2023.

"Tentunya nanti masing-masing satgas ini akan dikendalikan oleh command center, di mana di command center tersebut berkantor Kaposko dan Kaminops yang akan mengendalikan dan mengatur mengkoordinasikan keterpaduan pengamanan yang dilaksanakan oleh jajaran Polri," kata Fadil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: