Pengamanan KTT ASEAN 2023, Tiga Kapal Perang RI Angkut Prajurit TNI dan Alutsista Menuju Labuan Bajo

Pengamanan KTT ASEAN 2023, Tiga Kapal Perang RI Angkut Prajurit TNI dan Alutsista Menuju Labuan Bajo

KRI yang mengangkut sejumlah Prajurit TNI dan Alutsista untuk pengamanan KTT ASEAN 2023, Sabtu 29 April 2023-Puspen TNI/Facebook-

JAKARTA, DISWAY.ID-Kapal Perang Republik Indonesia (KRI)  mengangkut sejumlah prajurit TNI dan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI menuju Labuan Bajo

Kapal Perang RI atau KRI yang mengangkut Alutsista dan prajurit TNI di antaranya Teluk Youtefa  522,  KRI dr Soeharso 990 dan KRI Banjarmasin 592 di  Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu 29 April 2023. 

Tiga KRI tersebut melaksanakan Debarkasi pergeseran pasukan dan material menuju Dermaga Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo Nusa Tenggra  Timur (NTT). 

BACA JUGA:Panglima TNI: Tidak Ada Penambahan Pasukan dan Alutsista di Papua

Lamanya perjalanan KRI dari Tanjung Priok sampai Labuan Bajo diperkirakan sekitar 3 sampai dengan 4 hari lamanya. 

Sejumlah prajurit TNI akan dipersenjatai dengan Alutsista untuk mengamankan jalannya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 di Labuan Bajo. 

Dalam keterangan Pusat Penerangan TNI (Puspen TNI) Sabtu 29 April 2023, menuliskan adapun Alutsista yang diangkut oleh di KRI di antaranya Kizi Jihandak, Nubika Zeni TNI AD, Sea Rider, Mobil Listrik PM, Motor Listrik Matan,  Rantis Kopasgat, Mobil Inkas Koopsus TNI, Ransus CBRNE Sprinter.  

BACA JUGA:Berikut Ini Daftar Alutsista Milik Mabes TNI, AD, AL dan AU

Sementara itu, dari sisi pengamanan Polri menyiapkan 2.627 personel guna mengamankan Konfrensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN atau ASEAN Summit yang digelar tanggal 9 hingga 11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan, ribuan personel Polri yang diturunkan merupakan gabungan dari Mabes Polri, Polda NTT dan Polda NTB.

"Rencana personel yang dikerahkan yakni sebanyak 2.627 yang berasal dari Mabes Polri sebanyak 947 personel, Polda NTT 1.660 personel, dan Polda NTB 20 personel, " kata Sandi dalam keterangan tertulisnya, Jumat 28 April 2023.

Sandi mengatakan, ribuan personel tersebut akan disebar di berbagai tempat, mulai dari bandara, akomodasi para delegasi atau kepala negara yang hadir hingga venue penyelenggaraan.

BACA JUGA:Truk Biasa TNI Dimodifikasi Bak 'Alutsista' di Zona Merah Papua, Netizen: Ke Mana Alutsista Canggihnya?

BACA JUGA:Pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Polri Kerahkan 2600 Personel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: