Elegan! Ustaz Adi Hidayat Beri Penjelasan Tujuan Adanya Hukum Haram dalam Ibadah Sholat, Singgung Kelompok yang Diduga Menyimpang

Elegan! Ustaz Adi Hidayat Beri Penjelasan Tujuan Adanya Hukum Haram dalam Ibadah Sholat, Singgung Kelompok yang Diduga Menyimpang

Penjelasan Ustaz Adi Hidayat soal makna doa buka puasa, dibaca sebelum atau sesudah minum?-Foto/Tangkapan Layar/YouTube/Adi Hidayat Official-

Sebagai contoh adalah sholat Idul Fitri di Ponpes Al-Zaytun terdapat kejanggalan yang menyedot perhatian publik.

Di saat semua masjid merapatkan shaf sholat, hanya di Ponpes tersebut rangkaian sholat berbeda dari biasanya.

Salah satunya adalah renggangnya shaf sholat antar jemaah dan bercampur baur seorang jemaah perempuan dengan jemaah laki-laki tanpa ada sekat atau pembatas.

Anehnya lagi, di situ terdapat seorang pria yang diduga punya keyakinan di luar agama Islam alias non muslim.

BACA JUGA:Apa Itu Wahabi? Ustaz Adi Hidayat Singgung Salah Satu Tokoh Pendiri NU: Wahab Juga Namanya, Hati-hati...

Dalam konteks ini, Ustadz Adi Hidayat menyebut dilarang seseorang untuk mengada-adakan aktivitas baru dalam ibadah yang sudah menjadi pakem syariat Islam.

"Dilarang seseorang untuk, misal, mengada-adakan kreatifitas, menghadirkan sesuatu yang melanggar atau bahkan bertentangan dengan pakem ibadah yang sudah ada," terang Ustadz Adi Hidayat.

Ibadah Sholat Sudah Ada Aturannya

Ustadz Adi Hidayat menekankan, ibadah sholat sudah ada aturannya, turun dari Allah SWT melalui Al-Quran dan tuntunan Nabi Muhammad SAW.

Penjelasan ini mencakup semua ibadah Sholat, termasuk sholat wajib bagi pria di hari Jumat.

"Sholat misalnya sudah diberikan aturannya, turun ayatnya, ada penjelasannya bagaimana menata shaf dengan baik, bagaimana memulai sholat, siapa yang menjadi imam, dalam Jumat siapa yang harus menjadi khatib, siapa yang menjadi makmum, lalu siapa yang ikut mendengarkan, penjelasan Al-Quran jelas sangat sempurna, ayat turun dan hadist-nya ada.

BACA JUGA:Dari Ustaz Adi Hidayat Hingga Ustazah Ning Imaz, Sederet Pendakwah yang Pernah Diolok-olok Eko Kuntadhi

Berpotensi Tersesat dari Jalan yang Benar

Ustadz Adi Hidayat pun berkesimpulan, jika rangkaian ibadah sholat tidak sesuai dengan kaidah yang dilarang, maka berpotensi melanggar syariat.

Selain itu, pelakunya juga berpotensi tersesat dari jalan yang benar, sehingga amalan tersebut dalam menimbulkan ancaman murka dan hukuman dari Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: