Apa Itu Wahabi? Ustaz Adi Hidayat Singgung Salah Satu Tokoh Pendiri NU: Wahab Juga Namanya, Hati-hati...

Apa Itu Wahabi? Ustaz Adi Hidayat Singgung Salah Satu Tokoh Pendiri NU: Wahab Juga Namanya, Hati-hati...

Menjelaskan apa yang dimaksud apa itu Wahabi, Ustaz Adi Hidayat menyinggung sosok pendiri Nahdlatul Ulama, Kiyai Abdul Wahab Hasbullah.-Tangkapan Layar/Adi Hidayat Official-YouTube

JAKARTA, DISWAY.ID -- Menurut Ustaz Adi Hidayat, Syekh atau Kiyai Abdul Wahab Hasbullah adalah salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

Hal itu disinggung oleh Ustaz Adi Hidayat mengenai fenomena Wahabi di tengah-tengah masyarakat yang dinilai keras dan radikalisme.

Dalam sebuah ceramahnya yang ditayangkan oleh kanal YouTube Ceramah Pendek dengan Judul: Apa Itu Wahabi? || Ustaz Adi Hidayat LC MA, pendakwah asal Bekasi ini coba meluruskan.

BACA JUGA:Ternyata Ini yang Dimaksud Wahabi Kata Ustaz Adi Hidayat: 'Siapa Wahabi yang Dimaksud di Sini?'

Ustaz Adi Hidayat mengatakan agar orang-orang tidak bermudah-mudahan menuduh seseorang dengan sebutan yang tidak diketahui asal-usulnya.

Ia pun memberikan contoh salah satu tokoh ulama Nahdlatul Ulama, Syekh atau Kiyai Abdul Wahab Hasbullah yang merupakan salah satu pendiri NU.

"Siapa wahabi yang dimaksudkan di sini? Saya tidak mengerti, karena di antara pendiri Nahdlatul Ulama pun Syeikh Abdul Wahab Hasbullah. Wahab juga namanya, hati-hati," kata Ustaz Adi Hidayat.

Jika merujuk kepada sosok Kiyai Abdul Wahab Hasbullah, tokoh ini adalah salah satu Pahlawan Nasional Indonesia yang diangkat oleh Presiden Joko Widodo pada 7 November 2014 lalu.

BACA JUGA:Ajaran Wahabisme Disebut dari Arab Saudi, Pangeran Mohammed Bin Salman Tegas Menjawab!

Kiyai Abdul Wahab Hasbullah lahir pada 31 Maret 1888 dan wafat pada 29 Desember 1971. Sosoknya dikenal seorang ulama yang berpandangan modern.

Dakwahnya dimulai dengan mendirikan media massa atau surat kabar, yaitu harian umum “Soeara Nahdlatul Oelama” atau Soeara NO dan Berita Nahdlatul Ulama.

Muhammad bin Abdul Wahab Pendiri Kerajaan Arab Saudi

Ia pun melanjutkan dan menyinggung satu nama cendikiawan Islam dari Arab Saudi yang dikenal sebagai Muhammad bin Abdul Wahab.

Kata Ustaz Adi Hidayat, sosok ulama tersebut adalah partner pendiri King Saud yang kini disebut sebagai Kerajaan Arab Saudi.

Sumber: