Buat yang Baru Belajar, Begini Nih Cara Nyetir Mobil Manual untuk Pemula

Buat yang Baru Belajar, Begini Nih Cara Nyetir Mobil Manual untuk Pemula

Cara Menyetir Mobil yang Manual untuk Para Pemula---Pixabay

3. Pindah gigi dengan tepat

Untuk memindahkan gigi, tekan kopling ke bawah, pindahkan tuas gigi ke posisi yang tepat, kemudian lepaskan kopling secara perlahan-lahan sambil menekan gas. Penting untuk memindahkan gigi sesuai dengan kecepatan dan situasi jalan.

4. Jangan sering menarik kopling

Terlalu sering menarik kopling bisa menyebabkan kopling cepat aus dan boros bahan bakar. Hindari menarik kopling ketika tidak diperlukan, misalnya saat berkendara di jalan lurus dan tidak ada rintangan.

BACA JUGA:Ungkap Scamming Jaringan Internasional, Irjen Krishna Murti : Kalian Jangan Tertipu Lagi Ya...

5. Gunakan rem tangan

Saat berhenti di tanjakan atau parkir di tempat miring, gunakan rem tangan untuk mengunci roda belakang dan mencegah mobil bergerak.

6. Praktik terus-menerus

Praktik mengemudikan mobil manual secara teratur akan membuat Anda semakin terbiasa dengan penggunaan pedal dan perpindahan gigi. Mulailah dengan rute yang sederhana dan perlahan-lahan tingkatkan ke tingkat yang lebih sulit seiring waktu.

BACA JUGA:Masyarakat Dihimbau Tidak Nekat Lalui JLNT Casablanca

7. Perhatikan kondisi mobil

Pastikan mobil dalam kondisi yang baik sebelum digunakan. Periksa kondisi rem, kopling, dan transmisi. Selalu perhatikan kondisi mobil saat berkendara.

Itulah beberapa tips dasar untuk mengemudikan mobil manual bagi pemula. Selalu ingat, keselamatan dalam berkendara adalah yang utama.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti peraturan lalu lintas dan mengemudi dengan tetap berhati-hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: