Referensi 20 Program Studi Kuliah Jurusan IPS

Referensi 20 Program Studi Kuliah Jurusan IPS

Ilustrasi kuliah jurusan IPS-Pixabay-

JAKARTA, DISWAY.ID-Selain memilih kampus, kebingungan lain yang banyak dihadapi anak-anak lulusan SMA sederajat adalah menentukan program studi (Prodi) untuk kuliah

Ya, pilihan prodi ini sangat erat kaitannya dengan proses kuliah dan rencana masa depan. Karenanya, jangan sembarangan memutuskan, ya, agar tak kecewa di kemudian hari.

Berikut ini beberapa referensi kuliah bagi kalian yang lulus dari SMA jurusan IPS

1. Jurusan atau Prodi Bahasa

Kalau senang belajar bahasa baru, prodi Sastra adalah pilihan yang cocok. 

Sastra sangat banyak macamnya, mulai dari Sastra Inggris, Sastra Jerman, Sastra Jepang, Sastra Prancis, Sastra Rusia, Sastra Cina, Sastra Jawa, dan lain sebagainya. Pilih saja mana yang paling sesuai dengan minatmu.

Selain menawarkan pilihan mata kuliah yang menarik, jurusan sastra juga mempunyai prospek kerja yang luas. 

Nantinya bisa mengembangkan karier di berbagai bidang, seperti penerjemahan, media, guru/dosen, guide, sampai bekerja di kedubes.

2. Prodi Psikologi 

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pikiran, dan mental manusia. 

Nah, kalau senang mengamati perilaku orang-orang sekitar dan penasaran, jurusan Psikologi adalah opsi yang sangat cocok.

Jurusan Psikologi sendiri punya banyak peminatan, misalnya Psikologi Anak, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri, dan lain sebagainya. Biasanya antarkampus punya peminatan yang berbeda-beda.

Mengingat betapa luasnya penerapan ilmu psikologi, kamu pun kelak bisa mengembangkan karier di berbagai bidang, misalnya sebagai HRD, market research, peneliti, sampai psikolog. Untuk yang terakhir, kamu perlu melanjutkan S2 Profesi Psikologi, ya, agar bisa mengurus izin praktik.

3. Prodi Hubungan Internasional (HI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: