Referensi 20 Program Studi Kuliah Jurusan IPS

Referensi 20 Program Studi Kuliah Jurusan IPS

Ilustrasi kuliah jurusan IPS-Pixabay-

Termasuk dalam bagian Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), di jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah yang bagus, seperti Antropologi, Sosiologi, HAM, Geopolitik, sampai yang membahas tentang sistem politik berbagai negara.

Peluang karier jurusan ini juga tak mentok menjadi politikus, lho. lebih jauh, kamu bisa mengembangkan bakat dan minat dengan menjadi analis politik, dosen, peneliti, bahkan di bidang lain seperti ekonomi dan bisnis.

7. Prodi Hukum

Ilmu Hukum merupakan jurusan dengan prospek kerja yang sangat cemerlang. Tak heran kalau prodi ini selalu banyak pendaftar.

Menyandang titel sebagai Sarjana Hukum akan mempermudahkanmu dalam mencari pekerjaan. Nantinya  bisa bekerja sebagai pengacara, konsultan hukum, dan profesi lain yang relevan.

Mata kuliah Ilmu Hukum meliputi: Hukum Perdana dan Perdata, Hukum Pajak, Hukum Internasional, Hukuk Agraria, Pancasila, Ilmu Negara, Hukum Islam, Filsafat Hukum, Hukum Lingkungan, Hukum Dagang, dan disiplin ilmu lain yang sesuai.

8.Prodi Sosiologi

Sosiologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari interaksi antara satu orang dengan yang lainnya, dan bagaimana sebuah struktur sosial terbentuk dalam masyarakat. 

Bidang ini sangat menarik untuk dipelajari dan terbagi dalam beberapa peminatan, seperti Sosiologi Industri, Sosiologi Lingkungan, Sosiologi Pembangunan, Sosiologi Ekonomi, dan Sosiologi Gender.

Berkuliah di jurusan Sosiologi akan membuatmu melek dengan berbagai fenomena yang terjadi di masyarakat.

Setelah menyandang titel sebagai S.Sos. (Sarjana Sosial),  bisa berperan serta membangun masyarakat sebagai dosen, peneliti, dan profesi lain yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan sosial.

9. Prodi Linguistik 

Punya passion di bidang bahasa dan ingin menapaki karier sebagai seorang linguist? Program studi Linguistik Terapan wajib kamu pilih.

Saat berkuliah nanti, akan belajar berbagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan bahasa, misalnya Sosiolinguistik, Psikolinguistik, Syntax, Semantics, dan lain sebagainya.

Dengan gelar S.Hum. kamu punya peluang untuk menjalani karier sebagai dosen, peneliti, linguist, editor, penulis, jurnalis berita, penerjemah, leksikografer, copy editor/copywriter, dan profesi lain yang berhubungan dengan bahasa dan budaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: