Referensi 20 Program Studi Kuliah Jurusan IPS

Referensi 20 Program Studi Kuliah Jurusan IPS

Ilustrasi kuliah jurusan IPS-Pixabay-

Cari jurusan yang memunginkanmu untuk sering-sering bepergian ke luar negeri? Hubungan Internasional jawabannya! Di program studi yang satu ini, akan belajar banyak tentang relasi dan interaksi antarnegara, diplomasi, kajian sosial budaya transnasional, ekonomi-politik internasional, dan lain sebagainya.

Nantinya, lulusan HI bisa berprofesi sebagai pejabat diplomatik, PNS, dosen dan peneliti, berkarier di startup atau perusahaan multinasional, jurnalis, aktivis NGO, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pun karena ilmu sosial itu sifatnya dinamis, tidak menutup kemungkinan jika dalam beberapa waktu ke depan disiplin ilmu Hubungan Internasional juga akan ikut berubah. 

Kalau kamu tertarik dengan bidang ini, kenapa tak melanjutkan kuliah di jurusan HI saja?

4. Prodi Bisnis dan Manajemen

Bercita-cita jadi pengusaha sukses? Atau ingin belajar lebih banyak tentang Akuntansi, Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Keuangan? Ambil saja jurusan Bisnis dan Manajemen. 

Program studi ini selalu ramai peminat karena prospek ke depannya yang cemerlang.

Berbekal ilmu yang didapat selama kuliah, nantinya kamu bisa merintis karier di banyak bidang, misalnya sebagai analis investasi, akuntan, penasihat keuangan, manajer pajak, konsultan bisnis, wirausaha, sampai pialang saham.

5.  Prodi Komunikasi - Jurnalistik

Media dan dunia berita adalah bidang yang sangat menarik untuk ditekuni. 

Kamu yang semasa SMA mengambil jurusan IPS pun akan cocok jika mengambil jurusan Jurnalistik di bangku universitas.

Program studi ini tidak hanya akan membekalimu dengan ilmu sebelum menjadi wartawan di lapangan, tapi juga pengetahuan seputar jurnalistik lain, seperti Analis Media, Ilmu Komunikasi, Creative Writing, Press Release, riset, dan sebagainya.

Saat lulus nanti, kamu pun bisa menjalani beragam profesi, mulai dari wartawan TV/koran/media online, editor, penulis, copy editor, dosen, analis media, peneliti, dan profesi lain yang relevan.

6. Jurusan Politik

Politik adalah bidang yang sangat menarik untuk ditekuni. Kalau kamu punya passion maupun keinginan berkarier di bidang semacam ini, cobalah ambil jurusan Ilmu Politik saat masuk universitas nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: