Beda Fungsi! Berikut Jenis-Jenis SIM di Indonesia

Beda Fungsi! Berikut Jenis-Jenis SIM di Indonesia

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM).-Net-

JAKARTA, DISWAY.ID - SIM (Surat Izin Mengemudi) adalah dokumen resmi yang diberikan oleh pihak kepolisian kepada seseorang yang telah mengikuti dan lulus ujian mengemudi, sehingga memperbolehkan pemegangnya untuk mengemudikan kendaraan di jalan raya. 

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis SIM yang dapat diperoleh sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan pengendara. 

Berikut adalah jenis-jenis SIM yang berlaku di Indonesia:

SIM A

SIM A adalah surat izin mengemudi untuk mengemudikan kendaraan bermotor roda empat atau lebih dengan berat kendaraan di atas 3.500 kg seperti mobil pribadi, bus, truk, dan kendaraan golongan G yang lain. Untuk mendapatkan SIM A, calon pengemudi harus berusia minimal 21 tahun dan sudah memiliki SIM C.

SIM B

SIM B adalah surat izin mengemudi untuk mengemudikan kendaraan bermotor roda empat atau lebih dengan berat kendaraan di bawah 3.500 kg seperti mobil pribadi, minibus, dan bus dengan jumlah penumpang maksimal 9 orang. Calon pengemudi yang ingin memiliki SIM B harus berusia minimal 17 tahun dan telah mengikuti ujian teori dan praktik.

SIM C

SIM C adalah surat izin mengemudi untuk mengemudikan kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga seperti sepeda motor dan motor roda tiga. Calon pengemudi yang ingin memiliki SIM C harus berusia minimal 17 tahun dan telah mengikuti ujian teori dan praktik.

SIM D

SIM D adalah surat izin mengemudi untuk mengemudikan kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk angkutan penumpang seperti taksi, angkutan kota, dan angkutan antar kota dalam provinsi. Calon pengemudi yang ingin memiliki SIM D harus berusia minimal 21 tahun dan telah memiliki SIM B.

SIM E

SIM E adalah surat izin mengemudi untuk mengemudikan kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk angkutan barang seperti truk dan kendaraan berat lainnya. Calon pengemudi yang ingin memiliki SIM E harus berusia minimal 21 tahun dan telah memiliki SIM B.

SIM F

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: