Telan Biaya Rp 25 Triliun, Pembangunan Jalan Tol Puncak Dibagi 5 Seksi, Berikut Rinciannya

Telan Biaya Rp 25 Triliun, Pembangunan Jalan Tol Puncak Dibagi 5 Seksi, Berikut Rinciannya

Peta rencana pembangunan Jalan Tol Puncak-ilustrasi-Berbagai sumber

Kemudian, seksi 3 sepanjang 9,7 km membutuhkan biaya Rp8,02 triliun. Lebih lanjut, untuk seksi 4 sepanjang 7,3 km membutuhkan biaya konstruksi sekitar Rp1,68 triliun. 

Kemudian untuk seksi 5 sepanjang 16,3 km membutuhkan biaya sebesar Rp9,07 triliun. BPJT menargetkan sejumlah pengerjaan mulai dari feasibility study, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), hingga Dokumen Perencanaan Pengadaan Tanah (DPPT) selesai di 2023. 

Sementara untuk 2024, ditargetkan akan dimulai proses pengadaan tanah dan Detail Engineering Design (DED). "Target terbangun operasi pada periode 2030–2034," ungkapnya.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR RI Kabupaten Bogor, Mulyadi memaparkan, pembahasan mengenai Tol Puncak gencar dilakukan. 

Pihaknya sudah beberapa kali melakukan kunjungan kerja spesifik meninjau pembanguan infrastruktur di Kabupaten Bogor.

“Kami terus kawal (tol puncak), karena ini menjadi solusi kemacetan di jalur utama puncak,” katanya dikutip dari Radar Bogor.

Hingga kini, komisi V bersama dengan Kementerian PUPR bersama-sama melakukan kajian untuk memilih titik yang digunakan sebagai pintu keluar jalan Tol Puncak. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: