Majelis Kaum Betawi Gelar Pra-Kongres di Ancol, Mempersatukan Segenap Potensi Adat Kaum Betawi

Majelis Kaum Betawi Gelar Pra-Kongres di Ancol, Mempersatukan Segenap Potensi Adat Kaum Betawi

Pada perhelatan besar perdana MAPKB akan membahas sejumlah agenda, antara lain Kaidah Kelembagaan Adat, Kaidah Kepemimpinan Adat, dan Rekomendasi Adat MAPKB. -MAPKB-

JAKARTA, DISWAY.IDMajelis Amanah Persatuan Kaum Betawi (MAPKB) akan segera menggelar Pra-Kongres pada Sabtu, 13 Mei 2023 di Ecovention Hall, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. 

Pada perhelatan besar perdana MAPKB akan membahas sejumlah agenda, antara lain Kaidah Kelembagaan Adat, Kaidah Kepemimpinan Adat, dan Rekomendasi Adat MAPKB. 

Selain itu, Pra-Kongres juga memberi kesempatan kepada organisasi-organisasi kemasyarakatan yang tergabung dalam Badan Musyarawarah Masyarakat Betawi dan Bamus Suku Betawi 1982 untuk memberikan masukan dalam sidang-sidang yang dijadwalkan berlangsung sejak pagi hingga sore hari.

Penyelenggaraan Pra-Kongres ini menjadi angin segar bagi masyarakat Betawi yang selama ini memimpikan adanya lembaga adat yang dapat mempersatukan segenap potensi adat kaum Betawi. 

BACA JUGA:Ahmad Sahroni Angkat Bicara Rencana Polisi RW di Masyarakat: Jangan Mencoreng Citra Polri

BACA JUGA:MU Ragu Kejar Tanda Tangan Harry Kane, Victor Osimhen Disebut Bersedia Gabung

Dengan Pra-Kongres ini diharapkan orang Betawi sebagai inti masyarakat Jakarta kelak dapat berperan lebih aktif dalam pembangunan Jakarta khususnya, serta berkontribusi luas lebih dalam memajukan negeri.

MAPKB dideklarasikan pada Kamis, 22 Desember 2022 lalu, saat ini dipimpin oleh H. Marullah Matali, yang juga masih menjabat sebagai Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata. 

Penandatanganan deklarasi MAPKB yang secara simbolis menyatukan Bamus Betawi dan Bamus Suku Betawi 1982 itu disaksikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Ketua MAPKB, H. Marullah Matali menyebut Pra-Kongres yang nantinya akan diikuti dengan Kongres (waktunya belum ditentukan) menjadi tonggak yang sangat bersejarah bagi masyarakat Betawi. 

BACA JUGA:Zulhas Klaim KIB Masih Solid

BACA JUGA:Inara Rusli Datangi Polda Metro dalam Lanjutan Kasus Dugaan Perzinaan Virgoun dan TAA, Sejumlah Barang Bukti Dibawa

Apalagi ke depan, tantangan Jakarta akan semakin berat, paska disahkannya UU IKN pada awal 2022 lalu. 

“Semoga MAPKB dapat berkontribusi secara positif, bukan hanya bagi orang Betawi dan warga Jakarta, tapi juga bangsa, negara, dan agama,” terang Marullah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait