Johnny G Plate Ditahan Kejagung, Ini Profil Sekjen Partai Nasdem yang Jabat Menteri Kominfo

Johnny G Plate Ditahan Kejagung, Ini Profil Sekjen Partai Nasdem yang Jabat Menteri Kominfo

Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate --

JAKARTA, DISWAY.ID-- Dalam pemeriksaan ketiga kalinya oleh Kejagung RI, Rabu 17 Mei 2023, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate resmi ditetapkan menjadi tersangka dan langsung ditahan.

Ditetapkannya tersangka dan ditahannya Johnny G Plate tersebut terkait kasus dugaan korupsi proyek BTS BAKTI Kemenkominfo.

Johnny G Plate diperlihatkan publik yang mengenakan rompi tahanan Kejagung berwarna pink saat keluar gedung Jampidsus Kejagung pada pukul 12.00 WIB.

BACA JUGA:Jhonny G Plate Jadi Tersangka Kasus Korupsi BTS Kominfo Jalani Penahanan di Rutan Salemba

Tampak Rompi Tahanan yang dikenakan Sekjen DPP Partai Nasdem tersebut bernomor 004 dan tangannya diborgol saat dibawa keluar ruang pemeriksaan.

Berikut profil Johnny G Plate yang menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek BTS dengan kerugian negara mencapai Rp 8,3 Trilun ini. 

Johnny G Plate merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kominfo) pada Kabinet Indonesia Maju sejak 2019 lalu.

Sebelum menjadi menteri, Johnny G Plate merupakan anggota DPR RI dari Partai Nasdem berdasarkan hasil Pemilu 2019.

Lulusan Universitas Katolik Atma Jaya yang memulai bisnis alat-alat perkebunan pada awal 1980-an tersebut juga pernah terpilih menjadi anggota DPR periode 2014-2019 dari Partai Nasdem mewakili daerah pemilihan (Dapil) Nusa Tenggara Timur I.


Menkominfo Johnny G Plate.-Jambi Independent-

BACA JUGA:Jaksa Agung Bakal Jerat Menkominfo Johnny Plate Jika Terbukti Terlibat Kasus BTS Kominfo

Johnny G Plate terpilih dari daerah pemilihan NTT I meliputi Kabupaten Alor, Ende, Flores Timur, Lembata, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Nagekeo, Ngada, dan Sikka.

Saat di DPR pada 2014-2019, Johnny G Plate duduk di Komisi XI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan dan perbankan.

Johnny G Plate di Partai Nasdem ditunjuk Surya Paloh sebagai Sekretaris Jenderal untuk periode 2019-2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: