Mengenal Indra Sjafri, Pelatih Berdarah Sumatra Barat yang Berhasil Bawa 'Garuda Muda' Terbang ke Asean hingga Asia

Mengenal Indra Sjafri, Pelatih Berdarah Sumatra Barat yang Berhasil Bawa 'Garuda Muda' Terbang ke Asean hingga Asia

Indra Sjafri/ilustrasi-Foto/PSSI-PSSI

JAKARTA, DISWAY.ID - Keberhasilan Timnas U-22 memboyong medali emas SEA Games 2023 dari cabang sepak bola begitu mengesankan di mata publik Indonesia.

Namun, dibalik kesuksesan itu, terdapat sosok penting yang begitu memiliki pengaruh besar dalam mendesain permainan hingga akhirnya Timas U-22 berhasil merebut medali emas tersebut.

Ya, sosok itu adalah sang pelatih Indra Sjafri. Ia sukses mengantarkan anak-anak asuhnya (Timnas U-22) menaklukan Thailand dengan skor meyakinkan 5-2 di babak Final SEA Games 2023 di stadion olympic Kambodja, Selasa 16 Mei 2023.

BACA JUGA:Indra Sjafri Ungkap Kronologi Kericuhan di Final Sepak Bola SEA Games dengan Thailand: Mereka Tidak Terima Ketika...

Kemenangan Timnas Indonesia U22 atas Thailand ini menjadi bukti kesuksesan Indra Sjafri dan jajarannya dalam meramu tim Garuda Muda.

Jika dilihat dari catatan sebelumnya, Kamboja menjadi saksi bisu keberhasilan Indra Sajafri karena sudah dua kali menjuarai ketika turnamen dihelat di negara tersebut.

Ya, sebelumnya, Indra Sjafri berhasil membawa trofi Piala AFF U22 2019 yang juga digelar di Kamboja.

Lantas siapa sosok Indra Sjafri?

Berikut ini adalah Profil Indra Sjafri pelatih Timnas Indonesia U22 yang mampu pulangkan medali emas SEA Games setelah 32 tahun

BACA JUGA:Ya Ampun! Marselino Ferdinan sampai Pratama Arhan Tidur Nyenyak dengan Kalung Medali Emas SEA Games 2023, Netizen: Juara Mah Bebas

Indra Sjafri mantan pemain sepak bola berdarah minang. Dia lahir di Lubuk Nyiur, Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada 2 Februari 1963.

Sebelum memutuskan untuk mengabdikan diri di dunia kepelatihan sepak bola, Indra Sjafri pernah menjadi karyawan di PT Pos Indonesia Padang.

Sebelum menjadi pelatih, suami dari Temi Indrayani ini awal karirnya adalah pemain PSP Padang pada era 1980. Kala itu dirinya masih duduk di bangku kelas 2 SMA Negeri 2 Padang.

Dia pernah dipercaya untuk menjadi pelatih Timnas U-12, U-17, maupun U-19 yang dijuluki Garuda Jaya, hingga akhirnya melatih Timnas U-22 Indonesia pada SEA Games 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: