Mengenal Indra Sjafri, Pelatih Berdarah Sumatra Barat yang Berhasil Bawa 'Garuda Muda' Terbang ke Asean hingga Asia

Mengenal Indra Sjafri, Pelatih Berdarah Sumatra Barat yang Berhasil Bawa 'Garuda Muda' Terbang ke Asean hingga Asia

Indra Sjafri/ilustrasi-Foto/PSSI-PSSI

BACA JUGA:Tahun 2019 Digagalkan Vietnam, Indra Sjafri: Tahun Ini Target Raih Emas

Mantan pelatih Bali United ini pun pernah berstatus sebagai asisten pelatih timnas senior pada Februari 2020, termasuk juga menjadi Direktur Teknik PSSI.

Bahkan sebelum terkenal seperti sekarang ini, Indra Sjafri juga pernah membawa timnas junior merebut trofi juara pada turnamen sepak bola tingkat Asia, yaitu pada HKFA U-17 dan HKFA U-19 di Hongkong.

Kemudian Pada 22 September 2013, Indra Sjafri sukses membawa  Timnas Indonesia U-19 menjuarai Turnamen Kejuaraan Remaja U-19 AFF 2013 setelah di Final mengalahkan Vietnam yang saat itu diunggulkan, dalam pertandingan dramatis yang berujung adu penalti, di mana Tim Indonesia menang dengan skor 7-6.

BACA JUGA:Pengakuan Sumardji Usai Menjadi Korban Pemukulan Official Thailand Final SEA Games 2023: Ini Bagian dari Perjuangan!

Pada kualifikasi kejuaraan U-19 AFC 2014 di pertandingan terakhir Grup G di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada tanggal 12 Oktober 2013, anak asuh Indra Sjafri mengalahkan juara 12 kali Piala Asia U-19, Korea Selatan dengan skor akhir 3-2.

Dengan hasil itu, mereka berhasil lolos ke putaran Final Kejuaraan U-19 AFC 2014 yang akan digelar di Myanmar pada Oktober 2014.

Pada 2 November 2014 Indra Sjafri resmi diberhentikan oleh PSSI menyusul kegagalan timnas U-19 yang berada dibawah asuhannya menembus target melaju ke Piala Dunia U-20 FIFA 2015 di New Zealand.

Akibat keputusan tersebut, PSSI mendapatkan banyak kritikan dari masyarakat Indonesia yang menilai berbagai kontribusi yang telah diberikan Indra Sjafri bagi dunia sepakbola Indonesia.

Namun, di SEA Games 2023 ini Indra Sjafri kembali dipercaya menukangi Timnas U-22

BACA JUGA:Penantian 32 Tahun! Mendali Emas Akhirnya Tercapai, Erick Thohir: Alhamdulillah ya Allah!

Keperayaan itu nampaknya tak disia-siakan Indra Sjfari. Ia berhasil membuktikan bahwa Timnas Indonesia sudah layak menjadi raja sepak bola di Asia Tenggara.

Timnas Indonesia U22 menang dengan skor 5-2 atas Thailand pada Selasa 16 Mei 2023.

Rekor Indra Sjafri di Final Kompetisi Asia Tenggara.

SEA Games 2023 Kamboja - Indonesia 5-2 Thailand

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: