Genjot UMKM, Pemerintah Gelar Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di 13 Daerah

Genjot UMKM, Pemerintah Gelar Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di 13 Daerah

Pemerintah Gelar Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di 13 Daerah-ilustrasi-Berbagai sumber

“Dasar pemikiran startup adalah menciptakan solusi dan inovasi untuk memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan

pasar. Bukan hanya itu, terdapat resiko yang tidak mudah tetapi harus dihadapi untuk tetap grow,” jelas Steve.

Steve Saerang berpendapat dalam membangun startup dibutuhkan dua keahlian yaitu kreativitas dan problem-solving. 

“Kreativitas anak muda di Sulawesi Utara tidak kalah dengan daerah lain. Maka dari itu, kreativitas itu dapat terus diasah. Tujuannya adalah untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat,” tutur Steve.

Sementara itu, Andry Prasmuko juga turut menyoroti potensi anak-anak muda di Sulawesi Utara. Terdapat dua sektor penting yang menjadi sumber penghasilan utama bagi masyarakat Sulawesi Utara, yaitu pertanian dan pariwisata. 

BACA JUGA:Mengejutkan! Desta Gugat Cerai Istrinya, Natasha Rizky

Andry menuturkan bahwa anak-anak muda perlu memanfaatkan digitalisasi untuk memajukan dua sektor tersebut.

“Jika ingin berkecimpung di dunia startup, kira-kira apa hal dari pertanian dan pariwisata yang dapat dikembangkan. Teman-teman dapat berkolaborasi dengan pemerintah maupun industri untuk mengembangkannya. Saya optimis bahwa teman-teman bisa do something. Bank Indonesia juga siap memberikan support,” jelas Andry.

Selanjutnya, Yaulie Rindengan memberikan pendapat terkait perkembangan startup dari perspektif civitas akademika. 

Menurut Yaulie, banyak tugas akhir yang hanya berfungsi sebagai syarat kelulusan, hingga akhirnya dokumen penelitian tersebut berakhir menumpuk di perpustakaan. Padahal terdapat potensi-potensi bagus yang berasal dari penelitian tersebut apabila dimanfaatkan dengan baik. 

“Tugas akhir mahasiswa dengan banyak ide yang baik bisa berpotensi menjadi startup. Apabila ada kerjasama yang baik dari pihak pemerintah dan industri yang suportif, ini akan menjadi hal baik. Ekosistem digitalisasi

terbentuk salah satunya melalui ranah pendidikan. Motivasi, inisiasi, dan inovasi harus selalu dijaga agar bertahan dan meningkat dari tahun ke tahun,” ujar Yaulie.

Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital tahun 2023 akan dilaksanakan di 13 hub di Indonesia yang mencakup seluruh provinsi di Indonesia. Provinsi Sulawesi Utara sendiri merupakan hub ke-12.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: