Perusahaan Ban Kingdom Tyres Berpeluang Bangun Pabrik Bareng Indonesia, Dubes RI untuk Arab Bereaksi

Perusahaan Ban Kingdom Tyres Berpeluang Bangun Pabrik Bareng Indonesia, Dubes RI untuk Arab Bereaksi

Perusahaan ban terbesar di Arab Saudi, Kingdom Tyres mengajak perusahaan Indonesia untuk membangun pabrik ban--

JAKARTA, DISWAY.ID Perusahaan ban terbesar di Arab Saudi, Kingdom Tyres mengajak perusahaan Indonesia untuk membangun pabrik ban di Arab Saudi.

Keinginan tersebut telah ditindaklanjut Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Fasilitasi Ekspor dan Impor Kemendag dengan melakukan pertemuan pada Kamis 11 Mei 2023. bersama beberapa perusahaan manufaktur ban terbesar di Indonesia yang sudah mengekspor produknya ke Arab Saudi.

Sebelumnya, Kingdom Tyres telah menyampaikan ketertarikannya untuk menggandeng perusahaan Indonesia pada pertemuan bisnis antara Atase Perdagangan (Atdag) Riyadh Gunawan dengan CEO Kingdom Tyres Sulton Alkahtani pada Jumat 5 Mei 2023 di Riyadh, Arab Saudi.

BACA JUGA:Songsong Pemilu 2024, Kemendagri Perkuat Gerakan Pemuda Antinarkoba

“Kerja sama yang ditawarkan Kingdom Tyres kepada perusahaan di Indonesia yakni suplai bahan baku, tenaga profesional, dan tenaga teknis atau operator. Rencananya, Kingdom Tyres akan membangun pabrik ban di kota industri Yanbu, Arab Saudi,” ujar Gunawan.

Indonesia merupakan salah satu negara pemasok utama produk ban ke Arab Saudi. Selain itu, ada juga Tiongkok, Jepang, Korea, Thailand, Taipei, Amerika Serikat, Jerman, Vietnam, dan India.

Berdasarkan perhitungan dengan metode Compound Annual Growth Rate (CAGR), pada 2022, kebutuhan ban di Arab Saudi sebanyak 35,70 juta unit, pada 2021 sebanyak 33,05 juta, pada 2020 sebanyak 30,6 juta, tahun 2019 sebanyak 28,48 juta, tahun 2018 sebanyak 26,4 juta, tahun 2017 sebesar 24,4 juta, serta tahun 2016 sebesar 22,6 juta.

BACA JUGA:Jelang Jakarta Muslim Fashion Week 2024, Kemendag-Kemenparekraf Perkenalkan Tren Fesyen Muslim Dunia

“Ini artinya pertumbuhan permintaan produk ban mengalami peningkatan 8 persen per tahun. Sehingga diperkirakan pada 2032 nilai kebutuhan ban diperkirakan melonjak menjadi 72,32 juta unit/tahun,” tutur Gunawan

Dubes RI untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad menambahkan, permintaan kebutuhan ban di Arab Saudi terus meningkat karena mayoritas masyarakat Arab Saudi menggunakan mobil sebagai alat transportasi. “Saat berkendara menggunakan mobil, masyarakat Arab Saudi merasa nyaman dengan air conditioner (AC) khususnya di iklim Arab Saudi yang cukup panas, yaitu suhu harian rata-rata di atas 40 derajat celcius. Bahkan, saat puncak musim panas suhu mencapai 45─47 derajat celcius,” ujarnya.

BACA JUGA:kemendag Kembali Musnahkan Pakaian Bekas Impor Ilegal, Kali Ini Sebanyak 7.363 Bal senilai Rp80 miliar

CEO Kingdom Tyres Sulton Alkahtani menjelaskan, target pemasaran produk ban ini bertujuan memenuhi kebutuhan ban di wilayah Gulf Cooperation Council (GCC), Asia Selatan, Eropa, dan Afrika untuk supremasi pembuatan ban. Didorong oleh "Visi 2030" Arab Saudi, Kingdom Tyres diharapkan akan menjadi pemimpin global di industri ban melalui inovasi, keberlanjutan, dan diversifikasi.

“Kami akan memprioritaskan perusahaan ban dari Indonesia sebagai mitra kerja sama. Selain itu, kami juga telah mempersiapkan diri dengan meluncurkan terobosan revolusi di industri ban Arab Saudi bersama dengan calon mitra dari Indonesia,” ungkap Sulton.

BACA JUGA:kemendag Kembali Musnahkan Pakaian Bekas Impor Ilegal, Kali Ini Sebanyak 7.363 Bal senilai Rp80 miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait