Revitalisasi Kawasan Taman Balekambang Solo Ditargetkan Rampung Oktober 2023

Revitalisasi Kawasan Taman Balekambang Solo Ditargetkan Rampung Oktober 2023

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama rombongan meninjau proyek revitalisasi Taman Balekambang Solo-Dok. Kemenpupr-

JAKARTA, DISWAY.ID-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan revitalisasi Kawasan Taman Balekambang yang berada di Jalan Balekambang, Manahan, Surakarta, Provinsi Jawa Tengah selesai pada Oktober 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan saat ini progres konstruksinya sudah mencapai 24 persen. 

"Untuk penataan Kolam Partini sudah rampung tinggal diisi air dan dipasang Kayu Ulin di pinggirnya. Konsep dan tujuan revitalisasi akan mengembalikan fungsi awal Taman Balekambang sebagai kebon rojo atau kebun raja untuk taman di tengah kota," kata Basuki kepada wartawan, Sabtu, 20 Mei 2023.

BACA JUGA:Kocaknya Bunyi Nada Dering Jadul Ponsel Menteri Basuki saat Temani Jokowi di IKN, Reaksinya Bikin Heboh

Basuki berpesan dalam pelaksanaan konstruksinya agar lebih mengedepankan keseimbangan dan keramahan lingkungan. Tujuannya agar taman ini lebih banyak ruang terbuka hijau tempat masyarakat bersosialisasi.

"Tadi diinformasikan oleh pelaksana di lapangan, tidak ada penebangan pohon sama sekali dalam melakukan revitalisasi ini," ujar Basuki. 

BACA JUGA:Bakal Bikin Iri, Stadion Kanjuruhan Direnovasi Total, Menteri Basuki: 1 Tahun Beres

BACA JUGA:Jadi Korban Gusuran Tol Solo - Yogya, Ibu Kades Tak Terima Rumahnya 2 Lantai Diganti Rugi Rp 1 Miliar

Untuk diketahui, Taman Balekambang dibangun pada masa pemerintahan KGPAA Mangkunegoro VII yakni 26 Oktober 1921. Pembangunan taman sebagai wujud kasih sayang KGPAA Mangkunegoro VII kepada kedua putrinya, GRAy Partini dan GRAy Partinah.

BACA JUGA:Ditanya Soal Kinerja Gibran Saat Sambangi Taman Balekambang, Jokowi: Waduh Saya Nggak Ngikuti

Revitalisasi dilaksanakan oleh kontraktor PT.PP-Utama KSO senilai Rp159,4 miliar dengan biaya APBN TA 2022-2023. Lingkup pekerjaan revitalisasi mencakup pembangunan panggung pertunjukan terbuka, gedung pertunjukan, pendopo kedatangan, aviary & taman rusa, taman bunga, skywalk, dan embung serta kolam partini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: