Ini Dia! Tips Beli Rumah Second Ala PLN, Pastikan Kelistrikan Aman dan Normal

Ini Dia! Tips Beli Rumah Second Ala PLN, Pastikan Kelistrikan Aman dan Normal

Pengecekan instalasi listik penting dilakukan sebelum membeli rumah second.-ist-

ADA tips membeli rumah second yang perlu diperhatikan agar rumah impian bisa didapat.

Nah, untuk mendapatkan rumah impian, termasuk rumah second, calon pembeli perlu memperhatikan sejumlah aspek penting.

Di antara aspek tersebut meliputi komponen rumah seperti kondisi fisik bangunan, akses menuju lokasi, lingkungan sekitar, hingga yang tak kalah penting adalah sistem kelistrikan.

BACA JUGA:Cara Registrasi dan Login Aplikasi M-paspor, Pengajuan Paspor Online tak Perlu Ribet

Terutama, jika pelanggan mendapatkan rumah tersebut dari tangan kedua atau rumah bekas. 

Mengapa listrik? listrik adalah sumber kehidupan dari sebuah rumah. Listrik inilah yang akan memengaruhi kenyamanan dan keamanan saat tinggal di hunian tersebut.

Direktur Retail dan Niaga PT PLN (Persero), Edi Srimulyanti mengatakan, listrik adalah kebutuhan primer bagi kehidupan sehari-hari, sehingga kondisi kelistrikan wajib diperhatikan agar terhindar dari masalah di kemudian hari.

"Di samping konstruksi bangunan dan keabsahan kepemilikan rumah, listrik merupakan salah satu komponen utama yang perlu diperhatikan ketika kita sedang survei ingin membeli rumah,” kata Edi.

Edi mengingatkan, ada empat hal berkaitan dengan kelistrikan yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah.

BACA JUGA:Fitur Komentar Pakai GIF di Instagram Resmi Dirilis

Pertama, instalasi kelistrikan. Calon pembeli wajib memperhatikan instalasi kelistrikan di hunian yang akan dibeli tersebut tidak bermasalah dan memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO).

Hal ini penting untuk menjaga keamanan rumah dari bahaya atau risiko dari listrik, seperti hubungan arus pendek yang berpotensi menyebabkan kebakaran.

Kedua, cek tagihan rekening. Calon pembeli juga perlu mengecek tagihan listrik di rumah yang akan dibelinya untuk menghindari tunggakan pembayaran.

Saat ini, pelanggan dapat mengecek tagihan listrik hanya dengan mengakses aplikasi PLN Mobile. Langkah ini diperlukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terkait dalam pemenuhan kewajiban pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: