Heboh! Mario Dandy Bisa Lepas dan Pasang Borgol Sendiri, IPW: Polda Metro Jaya Hati-Hati!

Heboh! Mario Dandy Bisa Lepas dan Pasang Borgol Sendiri, IPW: Polda Metro Jaya Hati-Hati!

Mario Dandy -Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua Indonesia Police Watch, Sugeng Teguh Santoso mewanti-wanti Polda Metro Jaya dalam penanganan tersangka. 

Hal ini diungkapkan Sugeng usai adanya video viral soal Mario Dandy yang memakai hingga melepaskan kabel ties sendiri yang ada ditangannya. 

"Indonesian Police Watch perlu mengingatkan kepada petugas Polda Metro Jaya untuk lebih cermat dan hati-hati di dalam penanganan seorang tersangka. Kalau memang SOP-nya harus di borgol dengan ketat harus diperlakukan dengan sama," ujar Sugeng kepada wartawan, Sabtu 27 Mei 2023.

BACA JUGA:Polda Metro Jaya Klarifikasi soal Video Mario Dandy yang Buka dan Pasang Kabel Ties Sendiri, Jonathan: Jangan-Jangan Bisa Keluar Masuk Sel Sendiri Nih

Lebih lanjut, Sugeng mengatakan peristiwa tersebut bisa saja terjadi karena adanya hubungan psikologis antara tersangka dengan anggota yang menjaga. 

"Dia memasang borgol sendiri, menjadi kendor. Sehingga dia mudah melepaskannya. Mungkin terjadi hubungan psikologis antara petugas polisi yang menjaga dengan Mario," ungkapnya. 

Ia kembali mewanti-wanti anggota Polda Metro Jaya dalam menangani seorang tersangka. Sebab, setiap kasus pasti diawasi oleh publik. 

"IPW mengingatkan Polda Metro Jaya untuk cermat dan hati-hati karena setiap gerakan-gerik dari kasus yang menyangkut orang-orang yang terlibat dalam kasus, sangat diawasi oleh publik," kata dia. 

"Tetapi, publik juga harus memahami esensi dari satu proses hukum adalah menyelesaikan dugaan pelangaran pidana. Yang mana penyelesaian dugaan pelanggaran pidana, ini tidak boleh juga menjadikan seorang tersangka yang belum tentu bersalah itu ditempatkan dalam posisi sebagai orang yang pesakitan, yang harus dibuat menderita," sambung Sugeng.

BACA JUGA:Polda Metro Naikkan Status Laporan AG Soal Dugaan Pencabulan Mario Dandy, Kombes Hengki: Penyidik Punya Bukti

Klarifikasi Polda Metro Jaya

Sebuah video yang memperlihatkan Mario Dandy Satriyo memasang sendiri kabel ties sebagai borgol viral di media sosial. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko memastikan jika video tersebut merupakan editan. 

"Video tersebut menggambarkan dua peristiwa yang melalui proses editing digabungkan menjadi satu frame. Dengan menambahkan teks dan back sound efek sehingga menimbulkan persepsi negatif," kata Trunoyudo dalam keterangannya, Sabtu, 27 Mei 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: